HOT Banget

Wednesday 20 March 2019

6 Tips Menjual Emas Dengan Harga Tinggi, Untung, dan Tidak Tertipu

Advertisement
.

6 Tips Menjual Emas Dengan Harga Tinggi, Untung, dan Tidak Tertipu

– Logam mulia emas memang indah jika dilihat dari segi manapun dan dalam bentuk apapun. Apalagi jika emas sudah berbentuk perhiasan maupun emas batangan, wah kemilauannya pasti menakjubkan. Siapa yang tidak setuju? Saya kira semua orang pasti setuju ya.

Untuk investasi sendiri, tidak diragukan lagi kalau emas termasuk salah satu yang terbaik. Dengan potensi keuntungan jangka panjang yang besar namun risikonya terbilang rendah. Oleh sebab itu, banyak orang membeli emas selain untuk perhiasan juga bisa dijual jika mendadak membutuhkan dana.

Tapi yang jadi masalah disini, terkadang potensi penjualan emas ini tidak mampu dimaksimalkan, akibatnya justru ada yang merugi, dijual dengan harga rendah, dan memperoleh untung yang pas-pasan. Dan saya yakin diluar sana pasti ada pula yang sampai tertipu.

Sangat disayangkan jika potensi emas ini tidak dimanfaatkan secara maksimal. Lalu bagaimana cara kita menjual emas dengan harga tinggi, untung, dan tidak tertipu? Saya ada beberapa tips yang mungkin bisa kalian coba, simak tipsnya berikut ini:

Sebelumnya, baca juga: Pilih emas kuning, emas putih, atau platinum untuk investasi?
6 Tips Menjual Emas Dengan Harga Tinggi, Untung, dan Tidak Tertipu

1. Update Harga Emas

Langkah pertama yang perlu kalian lakukan adalah selalu mengetahui harga emas terbaru dan terupdate. Ini sangat penting, jangan malas untuk mencari informasinya. Walaupun kemarin sudah cek harga dan hari ini mau jual emas, jangan pakai harga kemarin, update dan perbarui lagi. Dimana ceknya? Saya rekomendasikan pertama kalian cek di Antam yang sering dijadikan patokan untuk harga emas. Kalian bisa cek di situsnya atau menghubungi secara langsung.

Selain di Antam, alternatifnya bisa update harga di situs-situs terpercaya yang memiliki badan hukum. Hindari informasi dari situs abal-abal.

Dengan mengetahui harga emas terbaru, tentu kalian akan PD dalam menjual emas, meminimalisir terjadinya penipuan, dan kalianpun berpotensi mendapat harga yang tinggi dan keuntungan.

2. Coba Jual ke Kolektor Dulu

Ini opsional saja jika emas kalian memiliki keunikan tersendiri, dan jika memang memiliki “nilai” lebih maka bisa dipastikan emas kalian akan melambung jauh lebih mahal. Ada banyak keunikan emas yang diburu oleh para kolektor, dua diantaranya adalah karena historis dan bentuknya. Historis misalnya emas peninggalan seorang ratu atau raja jaman dulu, ataupun peninggalan dari tokoh/momentum bersejarah jaman dahulu kala.

Unik dari bentuknya misalnya emas berbentuk keris, lambang tertentu,atau bentuk lain yang rumit atau sulit dibuat kembali. Nah, para kolektor ini pastinya rela membayar 2 atau bahkan10 kali lipat dari harga emas pada umumnya.

Gimana menemukan kolektor? Cara termudahnya adalah dengan menggunakan toko online jual beli barang bekas seperti olx.co.id atau tokopedia.com. Selain itu, kalian juga bisa mendatangi himpunan atau komunitas kolektor yang kalian ketahui.
Advertisement

3. Jual Ke Kerabat

Cara ini sangat berpotensi untuk menghindari penipuan, namun beberapa orang mungkin akan sungkan mematok harga yang tinggi. Cara ini cocok jika kalian terlalu sibuk untuk sana-sini cari pembeli yang pas, kalian jual saja ke kerabat yang membutuhkan. Transaksi jual beli dengan kerabat sendiri tentu semuanya akan terasa lebih flexible.

Ini kembali lagi kepada kalian sendiri, ketika pola pikir kalian dan kerabat layaknya profesional, ada kemungkinan untuk mendapat keuntungan, dan bahkan bisa lebih untung ketimbang jual ke toko emas. Tapi kalau tidak, kemungkinan emas hanya akan dijual di bawah harga pasaran karena mungkin terpengaruh hubungan atau semacamnya, istilahnya ada rasa sungkan begitu.

Tips dari saya, ketika jual beli untuk investasi, mau tidak mau kalian wajib mendapatkan keuntungan. Misalnya kalian menjual emas dari investasi yang kalian lakukan dulu, atau kerabat membeli emas karena akan digunakan untuk investasi.

4. Survei Ke Toko Emas Terpercaya

Cara paling umum untuk menjual emas adalah menjualnya ke toko emas, inipun sangat bisa kalian lakukan. Tapi ada beberapa hal membosankan yang wajib dilakukan sebelum menjualnya, diantaranya adalah sebagai berikut:

Pahami perhitungan nilai emas

Toko emas lebih banyak mementingkan kadar emas karena emas yang mereka beli nantinya akan dilebur kembali, kecuali kalau bentuk emas dinilai bagus dan unik. Untuk menentukan harga emas, mereka memakai %kadar emas x harga emas. Jadi semisal harga emas Rp. 600.000 dan kadarnya 90%, maka nilai dari emas tersebut adalah Rp. 540.000.

Penentuan harga dari toko emas

Setiap toko memiliki penentuan harga yang nilainya berbeda-beda. Biasanya toko emas menginginkan keuntungan 3-5 persen. Jadi kalau ambil perhitungan di atas, toko emas akan mengakui kadar emas yang semula 90% menjadi hanya sebesar 87%-85% saja. Jadi nanti harga jual yang ditawarkan toko emas antara Rp. 510.000 - Rp. 522.000.

Keliling cari toko terbaik

Setelah kalian paham bagaimana nilai emas ditentukan dan bagaimana penentuan harga yang akan ditawarkan oleh toko, maka tugas kalian adalah menemukan toko yang memberikan harga terbaik. Silahkan jalan-jalan keliling kota untuk menemukannya.

5. Jangan Sampai Kehilangan Bukti Keaslian Emas

Ketika dulu kalian membeli emas, tentu ada bukti seperti nota atau semacamnya yang menerangkan bahwa emas kalian itu asli, termasuk berapa kadarnya. Bukti itu jangan sampai hilang ya, ini bisa kalian gunakan untuk mempertahankan nilai jual emas kedepannya. Dan saat ini, ketika kalian akan menjual emas, bukti tersebut akan menjadi penyelamat kalian. Gunakan bukti tersebut untuk menunjukkan bahwa emas kalian asli.

Selanjutnya: Tips investasi emas, berkebun emas.
----
Oke ya kawan, itulah beberapa tips menjual emas dengan harga tinggi, untung, dan terhindar dari penipuan. Semoga tips di atas bermanfaat dan membantu dalam penjualan emas kalian. Jangan lupa untuk share artikel ini juga ya, thanks dan salam sukses.
Advertisement
.

No comments:

Post a Comment

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.