HOT Banget

Sunday 7 April 2019

Apa Itu Indeks Saham LQ45? Apa Tujuan dan Manfaatnya?

Advertisement
.

Apa Itu Indeks Saham LQ45? Apa Tujuan dan Manfaatnya?

– Indeks saham LQ45 atau tepatnya Indeks LQ45 merupakan salah satu indeks pasar saham yang ada di lantai Bursa Efek Indonesia (BEI). Kalian tentu sering mendengar dan melihatnya di berita tentang perkembangan indeks tersebut. Tapi sudah tahukah kalian sebenarnya apa itu Indeks LQ45? Apa manfaat dan tujuannya?

Hmmn, wajar kalau orang awam kurang memahaminya karena adanya Indeks LQ45 memang dikhususkan bagi yang berkecimpung di dunia saham dan pihak terkaitnya saja. Tapi tidak ada salahnya untuk mengetahui, nah pada artikel ini saya akan mencoba menjelaskannya kepada kalian. Berikut penjelasannya:

Sebelumnya, baca juga: Proses penerbitan saham di BEI.
Apa Itu Indeks Saham LQ45? Apa Tujuan dan Manfaatnya?

Apa Itu Indeks LQ45?

Indeks LQ45 merupakan indeks dari 45 saham perusahaan yang memiliki tingkat likuiditas tertinggi di pasar saham dengan mempertimbangkan pula kapitalisasi pasarnya. Perusahaan-perusahaan tersebut sahamnya akan dinilai oleh BEI untuk menentukan 45 perusahaan mana yang memiliki likuiditas (LiQuid) saham tertinggi dengan berbagai kriteria penilaian.

Saham perusahaan yang masuk Indeks LQ45 akan selalu dievaluasi dan memungkinkan adanya perubahan. Saham yang dinilai sudah tidak pantas masuk Indeks LQ45 akan dikeluarkan dan diganti oleh saham yang dinilai lebih pantas. Untuk daftar saham Indeks LQ45 sendiri akan diterbitkan oleh BEI setiap 6 bulan sekali, yaitu periode Februari-Juli dan Agustus-Januari.

Apa itu likuiditas saham? Likuiditas saham itu penilaian saham yang dilihat dari jumlah saham beredar, kapitalisasi pasar, dan jumlah hari yang diperdagangkan. Biasanya investor akan menilai suatu saham itu likuid jika 3 perhitungan di atas besar, jadi semakin besar maka semakin likuid, begitu juga sebaliknya. Apa itu kapitalisasi pasar? Kapitalisasi pasar itu sebuah harga atau nilai yang harus dibayar seseorang jika ingin membeli seluruh saham suatu perusahaan.

Kriteria Pemilihan Indeks LQ45

Pihak yang memiliki wewenang untuk menerbitkan daftar Indeks LQ45 adalah Bursa Efek Indonesia (BEI), namun untuk menjaga kredibilitas dan kewajaran penilaian, BEI akan selalu meminta pendapat kepada Komisi Penasehat yang terdiri dari para ahli yang independen, yaitu Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Akademisi (Universitas), dan para profesional di bidang pasar modal.

Nah, di atas tadi saya udah jelaskan ya bahwa penilaian Indeks LQ45 itu berdasarkan likuiditas dan kapitalisasi pasar, dulu ukuran likuiditas itu dinilai dari nilai transaksi di pasar saham reguler, namun untuk mempertajam dan menjaga keakurasian penilaian likuiditas, mulai Januari 2005 BEI menambahkan beberapa kriteria penilaian sebagai berikut:
  • Minimal sudah tercatat di BEI selama 3 bulan
  • Jumlah hari perdagangan di pasar reguler
  • Aktivitas transaksi (nilai transaksi, volume, dan frekuensi transaksi)
  • Kapitalisasi pasar pada periode yang dimaksud
  • Kondisi kesehatan keuangan perusahaan
  • Prospek pertumbuhan perusahaan

Tujuan dan Manfaat Indeks LQ45

Pernah kepikiran tidak sih kenapa BEI harus repot-repot menilai saham perusahaan? Dan membuat Indeks seperti Indeks LQ45? Pernah ya, dan memang ada tujuan serta manfaat yang besar dengan adanya Indeks LQ45 itu.

Tujuan dibuatnya Indeks LQ45

Tujuannya tentu untuk menyediakan informasi yang akurat bagi pihak yang berkepentingan, misalnya investor, pengamat saham, dan para akademisi. Selain itu, LQ45 juga sebagai acuan nilai yang bisa dipercaya, jadi harus ada pihak terpercaya yang melakukan penilaian terhadap saham perusahaan, dalam hal ini BEI dan Komisi Penasehat. Dengan adanya acuan tersebut maka dapat meminimalisirkan potensi informasi menyesatkan yang dapat disalahgunakan.
Advertisement

Manfaat adanya Indeks LQ45

Sejalan dengan tujuannya di atas, Indeks LQ45 dapat digunakan oleh pihak yang berkepentingan untuk mendapatkan informasi yang akurat dan dapat dipercaya. Bagi perusahaan sendiri yang sahamnya masuk dalam daftar, tentu hal ini akan menjadi suatu kebanggaan tersendiri karena secara tidak langsung performa perusahaan diakui baik oleh pasar.

Kenapa diakui baik oleh pasar? Coba kalian perhatikan kriteria penilaian Indeks LQ45 di atas, semua kriteria mengarah ke “minatnya” investor pada perusahaan, jadi siapapun yang masuk dalam daftar Indeks LQ45 sudah pasti diminati oleh investor, dengan kata lain diakui oleh pasar sebagai saham yang baik.

Daftar Saham Perusahaan Indeks LQ45

Berikut ini adalah saham perusahaan yang masuk dalam daftar Indeks LQ45 periode Februari 2019 – Juli 2019.
No
Kode
Nama Perusahaan
1
ADHI
Adhi Karya (Persero) Tbk.
2
ADRO
Adaro Energy Tbk.
3
AKRA
AKR Corporindo Tbk.
4
ANTM
Aneka Tambang Tbk.
5
ASII
Astra International Tbk.
6
BBCA
Bank Central Asia Tbk.
7
BBNI
Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.
8
BBRI
Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.
9
BBTN
Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk.
10
BMRI
Bank Mandiri (Persero) Tbk.
11
BRPT
Barito Pacific Tbk.
12
BSDE
Bumi Serpong Damai Tbk.
13
CPIN
Charoen Pokphand Indonesia Tbk.
14
ELSA
Elnusa Tbk.
15
ERAA
Erajaya Swasembada Tbk.
16
EXCL
XL Axiata Tbk.
17
GGRM
Gudang Garam Tbk.
18
HMSP
H.M Sampoerna Tbk.
19
ICBP
Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
20
INCO
Vale Indonesia Tbk.
21
INDF
Indofood Sukses Makmur Tbk.
22
INDY
Indika Energy Tbk.
23
INKP
Indah Kiat Pulp & Paper Tbk.
24
INTP
Indocement Tunggal Prakarsa Tbk.
25
ITMG
Indo Tambangraya Megah Tbk.
26
JSMR
Jasa Marga (Persero) Tbk.
27
KLBF
Kalbe Farma Tbk.
28
LPPF
Matahari Department Store Tbk.
29
MEDC
Medco Energi Internasional Tbk.
30
MNCN
Media Nusantara Citra Tbk.
31
PGAS
Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk.
32
PTBA
Bukit Asam Tbk.
33
PTPP
PP (Persero) Tbk.
34
PWON
Pakuwon Jati Tbk.
35
SCMA
Surya Citra Media Tbk.
36
SMGR
Semen Indonesia (Persero) Tbk.
37
SRIL
Sri Rejeki Isman Tbk.
38
TKIM
Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk.
39
TLKM
Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk.
40
TPIA
Chandra Asri Petrochemical Tbk.
41
UNTR
United Tractors Tbk.
42
UNVR
Unilever Indonesia Tbk.
43
WIKA
Wijaya Karya (Persero) Tbk.
44
WSBP
Waskita Beton Precast Tbk.
45
WSKT
Waskita Karya (Persero) Tbk.
Sumber: BEI (www.idx.co.id) – Diakses tanggal 6 April 2019.

----
Oke ya kawan-kawan semuanya, di atas adalah pengertian dari Indeks LQ45 serta apa tujuan dan manfaatnya, dan banyak info lainnya. Semoga artikel di atas bermanfaat serta menambah wawasan kalian. Jangan lupa untuk share artikel ini juga ya, thanks dan salam sukses.
Advertisement
.

No comments:

Post a Comment

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.