HOT Banget

Saturday 6 April 2019

Reksa Dana Syariah Terbaik Di Indonesia Saat Ini, Return Tinggi

Advertisement
.

Reksa Dana Syariah Terbaik Di Indonesia Saat Ini, Return Tinggi

– Hampir semua produk keuangan sekarang sudah ditawarkan dengan sistem syariah, salah satunya adalah reksa dana. Reksa dana sendiri merupakan investasi yang terbilang rendah risiko jika dibandingkan dengan model investasi lainnya, ditambah dengan minimnya modal yang diperlukan untuk memulainya. Tak heran jika banyak yang tertarik pada reksa dana.

Dengan hadirnya reksa dana syariah, tentu ini menambah menarik bagi investor. Khususnya bagi investor yang beragama Islam, reksa dana syariah akan membuat mereka tenang dan yakin. Tidak jarang lho ya, pemilik modal mengurungkan niat untuk investasi karena takut riba dan semacamnya. Dan hadirnya reksa dana syariah beberapa tahun lalu menjadi angin segar di dunia investasi.

Nah, apakah kalian juga pengen investasi namun takut riba? Lagi cari instrumen investasi yang halal? Jawabannya adalah dengan reksa dana syariah. Jika kamu tertarik, saya ada rekomendasi reksa dana syariah terbaik yang bisa kalian pilih, berikut diantaranya:

Sebelumnya, baca juga: Kenali risiko dan keuntungan investasi reksa dana.
Reksa Dana Syariah Terbaik Di Indonesia Saat Ini, Return Tinggi

*PERHATIAN: Data-data di bawah ini dapat berubah sewaktu-waktu, pastikan kalian cek dan ricek dulu pada sumber terpercaya (rekomendasi: bareksa.com) sebelum mengambil keputusan.

Sucorinvest Sharia Equity Fund

Yang pertama ada reksa dana Sucorinvest Sharia Equity Fund yang dikelola oleh PT. Sucorinvest Asset Management. Reksa dana ini diluncurkan pada tanggal 8 November 2013 dan sampai saat ini memiliki dana kelolaan lebih dari Rp. 238 Miliar. Untuk membeli reksa dana syariah ini minimal cukup dengan Rp. 100.000 saja.

Produk ini merupakan reksa dana saham dengan kebijakan investasi  minimun 80% dan maksimum 100% diinvestasikan pada efek ekuitas syariah, dan minimum 0% dan maksimal 20% diinvestasikan pada instrumen pasar uang. Reksa dana Sucorinvest Sharia Equity Fund diproyeksikan untuk memaksimalkan keuntungan jangka panjang.

Reksa dana syariah ini kinerjanya cukup mengesankan dilihat dari tingkat return yang mencapai 67% dalam 3 tahun. Menurut saya reksa dana ini memang cocok jika dimaksudkan untuk investasi dengan jangka waktu cukup lama, sekitar 3-5 tahun. Biaya investasi yang perlu kalian perhatikan adalah biaya pembelian sebesar maksimal 2%, biaya penjualan kembali sebesar 1% (<1 tahun) dan 0% (>1 tahun), serta biaya switching maksimal sebesar 0.5%.

Untuk portofolio investasinya sendiri pada Aneka Tambang Tbk, BISI International Tbk, Buyung Poetra Sembada Tbk, KMI Wire & Cable Tbk, dan Samindo Resources Tbk.

Simas Syariah Unggulan

Produk reksa dana ini merupakan reksa dana saham yang diluncurkan pada tanggal 8 Agustus 2014 dan dikelola oleh PT. Sinarmas Asset Management. Saat ini dana kelolaannya mencapai lebih dari Rp. 127 Miliar, kalian dapat membeli reksa dana Simas Syariah Unggulan mulai dari Rp. 100.000 saja.

Dalam tiga tahun, reksa dana ini mampu memberi return sebesar 33.81%, dan dilihat dari historikalnya saya kira akan naik di setiap tahun. Untuk kebijakan investasinya adalah sebesar 80%-98% diinvestasikan dalam efek ekuitas, dan 2%-20% diinvestasikan dalam instrumen pasar uang, efek hutang, dan EBA. Sama halnya dengan Sucorinvest Sharia Equity Fund, Simas Syariah Unggulan cocok untuk investasi jangka panjang karena diproyeksikan untuk memaksimalkan pendapatan jangka panjang.
Advertisement

Top holding dari portofolio investasinya adalah Bank BRIsyariah Tbk, Integra Indocabinet Tbk, M Cash Integrasi Tbk, Multistrada Arah Sarana Tbk, dan Telekomunikasi Indonesia Tbk. Sedangkan biaya-biaya yang perlu kalian perhatikan adalah biaya pembelian sebesar maksimal 1 %, biaya penjualan kembali maksimal 1.5%, dan biaya switching maksimal 1.5%.

MNC Dana Syariah

Selanjutnya ada produk reksa dana syariah dari PT. MNC Asset Management yang diluncurkan sejak tanggal 23 juni 2006 silam. Produk ini merupakan reksa dana pendapatan tetap dengan dana kelolaan sampai saat ini mencapai lebih dari Rp. 68 Miliar. Minimum pembelian reksa dana MNC Dana Syariah adalah sebesar Rp. 250.000.

Untuk tingkat return yang mampu dihasilkan dalam tiga tahun terakhir mencapai 20.08% dan sebesar 41.31% dalam 5 tahun terakhir. Tujuan dari investasi reksa dana MNC Dana Syariah adalah memperoleh tingkat pertumbuhan investasi yang stabil dan return yang menarik dengan risiko serendah mungkin. Menurut saya, investasi pada reksa dana ini juga sangat cocok untuk jangka panjang.

Untuk kebijakan investasinya yaitu minimal 80% pada instrumen pendapatan tetap dan maksimal 20% pada instrumen pasar uang. Sedangkan top holding portofolionya meliputi:
  • Sukuk Ijarah berkelanjutan – Global Mediacom Tahap 1 tahun 2017 seri B.
  • Sukuk ijarah berkelanjutan – Global Mediacom Tahap 1 tahun 2017 seri A.
  • Sukuk Mudharabah berkelanjutan – Adira Finance tahap 2 tahun 2016 seri C.
  • MTN Syariah MUD 2 – Bank Jambi tahun 2017
  • Sukuk Mudharabah berkelanjutan 2 – Bank Maybank Indonesia tahap 1 tahun 2017.

Simas Syariah Berkembang

Simas Syariah Berkembang merupakan reksa dana yang juga kelolaan dari PT. Sinarmas Asset Management. Bedanya ini merupakan reksa dana campuran dengan dana kelolaan mencapai lebih dari Rp. 16 Miliar. Produk reksa dana syariah ini diluncurkan pada tanggal 8 Agustus 2014, untuk pembeliannya minimal sebesar Rp. 200.000.

Dalam tiga tahun, reksa dana kelolaan Sinarmas ini mampu memberikan return sebesar 20.32% dan prediksi saya juga perlahan-lahan akan meningkat kedepannya. Tujuan dari investasi reksa dana ini adalah memperoleh pendapatan optimal dalam jangka panjang melalui peningkatan modal, dividen, dan lainnya yang sesuai syariat Islam.

Kebijakan investasinya yaitu 5%-79% pada efek ekuitas dan 5%-79% pada efek utang, beragunan aset, dan pasar uang. Sedangkan untuk portofolio investasinya meliputi Blue Bird Tbk, Bank BRIsyariah Tbk, Ciputra Development Tbk, Indofood Sukses Makmur Tbk, dan Elnusa Tbk.

Emco Barokah Syariah

Yang terakhir ada reksa dana Emco Barokah Syariah yang merupakan reksa dana syariah kelolaannya PT. Emco Asset Management. Reksa dana ini merupakan reksa dana pasar uang yang notabene memiliki risiko paling kecil ketimbang jenis reksa dana lainnya. Emco Barokah Syariah diluncurkan pada tanggal 15 Mei 2015 dan telah memiliki dana kelolaan lebih dari Rp. 12 Miliar. Untuk pembeliannya minimal sebesar Rp. 100.000 saja.

Tingkat return yang mampu diberikan oleh Emco Barokah Syariah dalam 3 tahun adalah sebesar 18.22% dengan tujuan investasinya adalah untuk menghasilkan imbal balik yang maksimal pada instrumen pasar uang syariah, surat berharga atau deposito syariah. Kebijakan investasinya adalah minimal 0% dan maksimal 100% pada pasar uang syariah, dan 0%-20% pada kas reksadana.

Selanjutnya: Tips dan cara memilih reksa dana yang tepat.

Referensi: www.bareksa.com
- Tulisan disadur pada tanggal 5 April 2019.
- Screenshot diambil pada tanggal 5 April 2019.
----
Oke ya teman-teman semuanya, itulah ulasan tentang reksa dana syariah terbaik di Indonesia saat ini. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan membantu kalian dalam melakukan investasi terbaik. Jangan lupa untuk share artikel ini juga ya, thanks dan salam sukses selalu!
Advertisement
.

No comments:

Post a Comment

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.