HOT Banget

Tuesday 9 April 2019

Tabungan Emas Pegadaian! Investasi Emas Murah Mulai Rp. 6.000

Advertisement
.

Tabungan Emas Pegadaian! Investasi Emas Murah Mulai Rp. 6.000

– Investasi emas memang menggiurkan, banyak yang merasa kalau emas merupakan salah satu bentuk investasi terbaik. Saya sependapat dengan ini, investasi emas tidak memiliki risiko yang terlalu besar namun potensi keuntungannya cukup tinggi.

Namun sayang, tidak semua kalangan mampu melakukan investasi emas karena harga yang mahal. Bagi kalangan bawah, emas terlalu mahal untuk investasi. Jadi emas ini cenderung hanya cocok untuk kalangan menengah ke atas saja.

Tapi, PT. Pegadaian sudah memiliki solusinya. Ya, PT. Pegadaian menawarkan produk dengan nama Tabungan Emas yang memungkinkan untuk siapa saja berinvestasi pada logam mulia emas, tak terkecuali para kalangan bawah. Nah, tertarik dengan tabungan emas pegadaian? Simak ulasannya berikut ini:

Sebelumnya, baca juga: Cara investasi emas, berkebun emas.
Tabungan Emas Pegadaian! Investasi Emas Murah Mulai Rp. 6.000

Apa Itu Tabungan Emas Pegadaian

Di sini yang dimaksud dengan tabungan emas bukan membeli emas lalu menabungnya di pegadaian ya, kalau seperti itu sih sama saja membeli emas sendiri. Tapi yang dimaksud di sini adalah kalian menabung berupa uang untuk membeli emas di pegadaian. Sistemnya bukan cicilan, kalau cicilan kan dengan jumlah tertentu, tapi kalau tabungan emas ini nabung dengan jumlah uang sesuai dengan kemampuan kalian.

Nah, kalau uang yang sudah kalian tabung di pegadaian tersebut sudah mencapai minimal seharga emas 1 gram, kalian bisa melakukan order cetak alias mengambil fisik emasnya. Di pegadaian saat ini menyediakan order cetak untuk emas dengan ukuran 1, 2, 5, 10, 25, 50, dan 100 gram. Berapa sih harga emas 1 gram? Setiap waktu harganya dapat berubah-ubah ya, katakanlah 1 gram Rp. 660.000 maka kalau kalian menabung Rp. 250.000 perbulan, kalian sudah memiliki emas 1 gram di pegadaian setelah menabung 3 bulan.

Oh iya, untuk menabung emas di pegadaian setoran minimalnya hanya perlu uang setara dengan emas 0.01 gram lho ya. Kalau pergram emas harganya Rp. 660.000 maka untuk setoran minimalnya hanya perlu menabung sebesar Rp. 6.670, murah sekali bukan?

Syarat Memiliki Tabungan Emas Pegadaian

Kok murah banget ya, semua bisa gabung nih, tapi apakah syaratnya sulit? Ingat, tabungan emas ditawarkan untuk mempermudah dalam investasi emas, jadi jangan khawatir syaratnya pastilah mudah. Berikut ini syarat untuk membuka rekening tabungan emas di pegadaian:
  • Umur minimal adalah 21 tahun dan maksimal adalah 55 tahun.
  • Mengisi formulir pembukaan rekening tabungan emas.
  • Fotokopi identitas diri yang masih berlaku (KTP/SIM/Passport).
  • Membayar biaya administrasi sebesar Rp. 10.000.
  • Membayar biaya fasilitas titip emas tahunan sebesar Rp. 30.000.
  • Setor tabungan awal minimal setara harga emas 0.01 gram dan maksimal 100 gram (jika di oulet pegadaian).
  • Jika tidak di outlet pegadaian minimal setor sebesar Rp. 50.000.
Gimana, syaratnya mudah sekali kan? Saya kira hampir semua orang akan bisa memenuhi persyaratan di atas.

Cara Mulai Investasi Emas Murah di Pegadaian

Untuk membuka rekening tabungan emas di pegadaian, kalian bisa melakukannya dengan tiga cara yaitu melalui outlet pegadaian terdekat, melalui agen pegadaian terdekat, dan secara online dengan aplikasi Pegadaian Digital Service yang bisa kalian download di PlayStore. Masing-masing cara tersebut tidak ada perbedaan persyaratannya kecuali setoran minimal seperti yang saya katakan sebelumnya.
Advertisement


Silahkan kalian pilih salah satu cara di atas yang kalian sukai, kalau lewat outlet dan agen pastikan bawa fotokopi identitas dan uang setoran plus biaya admin dan biaya titip emasnya. Kalau lewat aplikasi online, siapkan scan identitas dan rekening untuk membayar setoran dan biaya-biaya.

Gimana cara menabung selanjutnya? Untuk cara menabungnya juga cukup mudah, jangka waktunya bisa kalian lakukan setiap hari, minggu, atau bulanan terserah kalian. Untuk tempat setornya bisa kalian lakukan di outlet, agen, aplikasi Pegadaian Digital Service, dan lewat ATM, Internet dan Mobil banking (Mandiri, BNI, BRI). Selain melalui outlet, minimal setornya Rp. 50.000 dan maksimal Rp. 10.000.000.

Informasi Lain-lain

Bisakah tabungan emas diambil kapan saja? Tidak bisa diambil kapan saja, bisa diambil (tidak ditukar atau dibelikan emas) kalau minimal tabungan setara dengan 1 gram emas.

Bagaimana jika ada selisih (sisa) antara tabungan yang dikonversikan menjadi emas? Selisih uang tersebut akan dikelola sebagai Dana Kepedulian Sosial atau Dana Kebajikan Umat.

Apakah ada buku tabungan emas? Ada, kalau kalian daftarnya di outlet maka otomatis mendapatkan buku tabungan emas. Kalau daftarnya lewat agen atau aplikasi online, kalian perlu mendatangi outlet dengan membawa identitas diri untuk mengambil buku tabungan emas, maksimal 6 bulan sejak pembukaan tabungan.

Kalau tidak pernah menabung, bagaimana dengan saldo saya? Selama jumlah uang dalam tabungan lebih dari harga emas 0.01 gram, tabungan tidak akan ditutup dan saldo masih tersimpan di pegadaian. Perlu diingat, tiap tahun tabungan akan dipotong karena ada biaya titipan sebesar Rp. 30.000.

Jika mau menutup tabungan emas pegadaian, apakah ada biayanya? Ada, untuk penutupan tabungan akan dikenai biaya sebesar Rp. 30.000.

Adakah biaya untuk mencetak emas? Ada, besarannya berbeda-beda tergantung gram-nya. Biaya cetak emas di PT. Antam misalnya, 1 gram biaya cetak sebesar Rp. 85.000 dan 100 gram biaya cetaknya Rp. 632.000.

Keuntungan dan Kekurangan Tabungan Emas Pegadaian

Keuntungan:

  • Murah meriah. Untuk berinvestasi emas menggunakan tabungan emas pegadaian sangatlah murah, hanya perlu sekitar Rp. 6 ribuan saja.
  • Proses mudah. Baik syarat maupun proses pembukaan tabungan sangat mudah, siapa saja bisa membukanya.
  • Keamanan terjamin. Seperti halnya menyimpan di Bank, di pegadaian juga keamanannya terjamin.
  • Emas bersertifikat asli. Jika kalian melakukan order cetak emas, dijamin emas tersebut akan bersertifikat asli dari PT. Antam atau pegadaian.

Kekurangan:

1. Tabungan namun tidak seperti tabungan. Ya, namanya juga tabungan emas yang memang dikhususkan untuk membeli atau berinvestasi emas. Jadi ukurannya ya pakai emas, mau ambil dana ukurannya harus emas, jual ukurannya emas, dan lain-lain. Jadi tidak seflexible tabungan biasa, dimana bebas mau ambil dana kapan dan berapa saja.

2. Sisa dana konversi tidak bisa diambil. Misalnya tabungan kalian sebesar Rp. 800.000 dan harga emas pergram sebesar Rp. 660.000. jika kalian ingin mengkonversi tabungan ke emas maka kalian akan mendapat 1 gram emas dengan mengkonversi tabungan sebesar Rp. 745.000. Lalu Rp. 55.000 sisanya? Dari pemahaman saya sesuai dengan peraturan di pegadaian, sisanya tersebut akan dikelola sebagai Dana Kepedulian Sosial atau Dana Kebajikan Umat.

3. Harga emas selalu berubah-ubah. Saran saya, kalau tabungan sudah mencapai nilai ukuran gram emas tertentu, misalnya 1 gram. Langsung lakukan order cetak aja, kenapa? Ya karena harga emas berubah-ubah, belum tentu tabungan senilai Rp. 660.000 akan mendapat emas 1 gram untuk hari selanjutnya. Kecuali kalau kalian yakin harga emas besok akan turun. Tak lupa pula, pertimbangkan dengan biaya cetak emas yang cukup mahal.

Selanjutnya: Risiko dan keuntungan investasi emas.
----
Oke kawan-kawan semuanya, itulah ulasan untuk produk tabungan emas pegadaian yang merupakan solusi investasi emas murah meriah. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan membantu kalian yang ingin berinvestasi emas tanpa modal besar. Jangan lupa untuk share artikel ini juga ya, thanks dan salam sukses selalu!
Advertisement
.

No comments:

Post a Comment

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.