HOT Banget

Saturday 13 April 2019

8 Reksa Dana Saham Terbaik Di Indonesia Saat Ini! Murah Return Tinggi

Advertisement
.

8 Reksa Dana Saham Terbaik Di Indonesia Saat Ini! Murah Return Tinggi

– Salah satu jenis reksa dana yang paling diminati saat ini adalah reksa dana saham. Reksa dana saham dinilai memiliki potensi keuntungan yang paling tinggi jika dibandingkan dengan jenis reksa dana lainnya. Hal tersebut benar adanya karena reksa dana saham diproporsikan untuk investasi pada saham yang memang memberikan return tinggi.

Walaupun demikian, sejalan dengan potensi return yang tinggi maka risiko reksa dana saham juga lebih tinggi dari reksa dana lainnya. Tapi kalau dibandingkan dengan investasi saham biasa (membeli saham di pasar saham), reksa dana saham masih lebih rendah risikonya. Jadi kalau kalian suka berinvestasi dengan saham, tidak ada salahnya untuk mencoba reksa dana saham.

Nah, di Indonesia sendiri ada banyak Manajer Investasi yang menawarkan produk reksa dana saham. Dan dari sekian banyak reksa dana yang ditawarkan, ada beberapa reksa dana saham yang dinilai berkinerja baik dan mampu memberikan return tinggi. Apa sajakah itu? Berikut reksa dana saham terbaik di Indonesia yang bisa kalian pertimbangkan jika ingin berinvestasi:

Sebelumnya, baca juga: Reksa dana syariah terbaik di Indonesia saat ini.
8 Reksa Dana Saham Terbaik Di Indonesia Saat Ini! Murah Return Tinggi

*PERHATIAN: Data reksa dana di bawah ini bisa berubah sewaktu-waktu, pastikan kalian cek dan ricek kembali informasi dari sumber terpercaya sebelum mengambil keputusan.

*PERHATIAN: Berinvestasi selalu mengandung risiko, sebaik apapun instrumen investasi akan selalu ada risiko kegagalan. Segala kerugian yang diakibatkan oleh investasi merupakan tanggung jawab investor sendiri.

1. Sucorinvest Sharia Equity Fund

Yang pertama ada reksa dana saham yang dikelola oleh PT. Sucorinvest Asset Management. Reksa dana ini merupakan reksa dana saham syariah yang diluncurkan pada tanggal 8 November 2013. Saat ini Sucorinvest Sharia Equity Fund memiliki dana kelolaan sebesar lebih dari Rp. 238 Miliar. Untuk berinvestasi pada reksa dana saham ini, cukup dengan modal minimal Rp. 100.000.

Dari performa return yang saya cermati di Bareksa, Sucorinvest Sharia Equity Fund dalam tiga tahun mampu memberikan return sebesar 66.39% dan 40.74% dalam 5 tahun, angka tersebut cukup besar untuk ukuran sebuah reksa dana.

Untuk kebijakan investasinya, minimum 80% dan maksimum 100% diinvestasikan pada efek ekuitas syariah, dan minimum 0% dan maksimal 20% pada instrumen pasar uang. Untuk top portofolionya yaitu pada Aneka Tambang Tbk, BISI International Tbk, Buyung Poetra Sembada Tbk, KMI Wire & Cable Tbk, dan Samindo Resources Tbk.

2. Manulife Greater Indonesia Fund

Produk ini merupakan reksa dana saham yang dikelola oleh PT. Manulife Aset Manajemen Indonesia, reksa dana ini dikelola dengan menggunakan US Dollar dan telah memiliki dana kelolaan lebih dari USD 57 Juta. Manulife Greater Indonesia Fund diluncurkan pada tanggal 14 September 2011 dan dapat dibeli dengan minimal pembelian sebesar USD 100.
Advertisement

Yang unggul dari reksa dana saham ini adalah return YTD-nya yang cukup besar yaitu 6.82% dan return 3 tahun terakhir sebesar 9.06%. Namun dalam 1 tahun minus sebesar -5.45% dan -4.49% dalam 5 tahun. Untuk kebijakan investasinya yaitu minimum 80% dan maksimal 100% pada ekuitas dan minimun 0% dan maksimal 20% pada instrumen pasar uang.

Sedangkan untuk top portofolio investasi yaitu Astra International Tbk, Bank Mandiri Tbk, Bank Negara Indonesia Tbk, Bank Rakyat Indonesia Tbk, dan Gudang Garam Tbk.

3. Simas Syariah Unggulan

Produk ini merupakan produk reksa dana saham syariah yang dikelola oleh PT. Sinarmas Asset Management, saat ini telah memiliki dana kelolaan sebesar lebih dari 127 Miliar. Reksa dana saham yang diluncurkan pada tanggal 8 Agustus 2014 ini dapat kalian beli dengan minimal pembelian Rp. 100.000 saja.

Untuk kemampuan returnya cukup bagus yaitu 5.02% YTD, 11.70% dalam 1 tahun, dan 30.56% dalam 3 tahun. Untuk kebijakan investasinya meliputi 80%-98% pada efek ekuitas syariah, dan 2%-20% dalam instrumen pasar uang, efek utang, EBA.

Sedangkan top portofolionya meliputi Bank BRIsyariah Tbk, Integra Indocabinet Tbk, M Cash Integrasi Tbk, Multistrada Arah Sarana Tbk, dan Telekomunikasi Indonesia Tbk.

4. Simas Saham Unggulan

Satu lagi reksa dana saham (namun tidak syariah) dari PT. Sinarmas Asset Management yang menurut saya sebagai salah satu reksa dana saham terbaik di Indonesia saat ini, yaitu Simas Saham Unggulan. Reksa dana ini diluncurkan pada tanggal 18 Desember 2012 dan telah memiliki dana kelolaan sebesar lebih dari Rp. 1.983 Miliar.

Untuk kemampuan returnya cukup fantastis yaitu 5.32% YTD, 7.31% dalam 1 tahun, 53.31% dalam 3 tahun, dan 73.67% dalam 5 tahun. Untuk kebijakan investasinya sendiri adalah 80%-98% pada efek ekuitas dan 2%-20% pada instrumen pasar uang, efek utang, dan atau efek beragun aset.

Sedangkan untuk top portofolionya meliputi Bank Negara Indonesia Tbk, Bank Rakyat Indonesia Tbk, M Cash Integrasi Tbk, Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk, dan Telekomunikasi Indonesia Tbk.

5. Sucorinvest Maxi Fund

Ini juga merupakan reksa dana yang dikelola oleh PT. Sucorinvest Asset Management. Produk ini diluncurkan pada tanggal 1 Oktober 2014 dan merupakan reksa dana saham yang memiliki dana kelolaan lebih dari Rp. 230 Miliar.
Advertisement

Dalam satu tahun, Sucorinvest Maxi Fund mampu memberikan return sebesar 9.12% dan 82.74% dalam tiga tahun. Untuk kebijakan investasi yaitu minimum 80% dan maksimal 100% pada efek bersifat saham , serta minimun 0% dan maksimum 20% pada instrument pasar uang. Untuk top portofolionya pada Adhi Karya Tbk, BISI International Tbk, Buyung Poetra Sembada Tbk, KMI Wire & Cable Tbk, dan Samindo Resources Tbk.

6. Manulife Saham Syariah Asia Pasifik Dollar AS

Produk reksa dana saham yang juga dikelola oleh PT. Manulife Aset Manajemen Indonesia ini merupakan reksa dana saham syariah dan dikelola menggunakan US Dollar. Produk ini diluncurkan pada tanggal 15 Februari 2016 dan telah memiliki dana kelolaan sebesar lebih dari USD 372 Juta. Namun, untuk membeli reksa dana saham ini membutuhkan modal cukup besar, yaitu minimum USD 10.000.

Manulife Saham Syariah Asia Pasifik Dollar AS dalam 3 tahun mampu memberikan return sebesar 17.97% dan 13.87 YTD, namun minus -5.66% dalam 1 tahun. Untuk kebijakan investasinya sendiri yaitu minimal 80% dan maksimal 100% pada efek ekuitas syariah, dan minimum 0% dan maksimal 20% pada efek syariah pendapatan tetap, sukuk, atau pasar uang syariah.

Sedangkan top portofolionya adalah Alibaba Group Holding-SP ADR, BHP Group Ltd, Coway Co Ltd, Samsung Electronics Co Ltd, dan Taiwan Semiconductor Manufac.

7. TRIM Kapital

TRIM Kapital merupakan produk reksa dana saham yang dikelola oleh PT. Trimegah Asset Management. Reksa dana ini diluncurkan pada tanggal 20 Maret 1997 dan saat ini telah memiliki dana kelolaan sebesar lebih dari Rp. 172 Miliar.

Untuk tingkat return yang dapat diberikan oleh TRIM Kapital adalah sebesar 0.73% YTD, 0.18% dalam 1 tahun, 26.26% dalam 3 tahun, dan 28.59% dalam 5 tahun. Kebijakan investasinya yaitu 80%-90% pada efek ekuitas dan 10%-20% pada efek hutang. Sedangkan top portofolio investasinya meliputi Bank Central Asia Tbk, Bank Rakyat Indonesia Tbk, H.M. Sampoerna Tbk, Japfa Comfeed Indonesia Tbk, dan Obligasi Negara Republik Indonesia Seri FR0072.

8. Manulife Saham Andalan

Yang terakhir ada Manulife Saham Andalan yang juga merupakan reksa dana saham kelolaan PT. Manulife Aset Manajemen Indonesia. Reksa dana ini diluncurkan pada tanggal 1 November 2007 dan telah memiliki dana kelolaan sebesar lebih dari Rp. 582 Miliar. Untuk membelinya cukup modal minimal Rp. 100.000 saja.

Untuk return yang dapat diberikan oleh Manulife Saham Andalan, dalam 3 tahun terakhir sebesar 16.18% dan 13.33% dalam 5 tahun, YTD sebesar 4.79% namun minus -2.52 dalam 1 tahun. Kebijakan investasinya yaitu 80%-100% pada ekuitas dan 0%-20% pada efek utang atau pasar uang. Sedangkan top portofolio investasinya yaitu Astra International Tbk, Bank Mandiri Tbk, Bank Negara Indonesia Tbk, Bank Rakyat Indonesia Tbk, dan Gudang Garam Tbk.

Selanjutnya: Tips dan cara memilih reksa dana yang tepat.
----
Oke ya teman-teman semuanya, itulah 8 reksa dana saham terbaik di Indonesia saat ini. Semoga ulasan reksa dana di atas bermanfaat dan membantu dalam memilih investasi yang terbaik untuk kalian. Jangan lupa untuk share artikel ini juga ya, thanks dan salam sukses!
Advertisement
.

No comments:

Post a Comment

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.