HOT Banget

Wednesday 10 April 2019

Cara Memulai Bisnis Dropship Dari Nol Sampai Berhasil

Advertisement
.

Cara Memulai Bisnis Dropship Dari Nol Sampai Berhasil

– Bisnis apa yang bisa dimulai tanpa modal yang besar? Atau bahkan zero modal? Salah satu jawabannya adalah bisnis dropship. Bisnis dengan sistem dropship memang sangat populer beberapa tahun belakangan, selain karena minim modal juga karena potensi keuntungannya yang cukup gedhe, ditambah lagi cara memulai bisnis dropship terbilang cukup mudah dilakukan.

Saya sendiri juga pelaku dalam bisnis ini, sudah sejak tahun kemarin saya terjun menjadi dropshipper, dan tentu saja sudah merasakan pahit dan manisnya bisnis dropship itu sendiri. Tapi secara keseluruhan, menurut saya pribadi bisnis dropship sangat menjanjikan, bisa dijadikan bisnis utama atau bisa juga untuk belajar dalam pemasaran.

Nah, apa kalian juga tertarik dengan bisnis ini? Mau mulai tapi bingung mulainya dari mana? Oke aku mengerti, sebagai pertimbangan coba kalian baca artikel ini sampai akhir ya! Saya yakin isi artikel ini akan membantu banget, silahkan simak berikut ini:
Cara Memulai Bisnis Dropship Dari Nol Sampai Berhasil

Tentukan Apa Yang Ingin Dijual

Hal pertama untuk mulai bisnis dropship adalah memikirkan apa yang akan dijual nantinya. Saran saya untuk fokus pada 1 jenis jualan dulu, misalnya pakaian, sepatu, elektronik, atau yang lain. Coba kalian pikirkan bidang apa yang kalian sukai, kuasai, atau menurut kalian banyak dibutuhkan oleh orang-orang.

Ada beberapa bidang yang menurut saya potensi penjualannya sangat besar, di antaranya bidang fashion, elektronik, dan kecantikan. Namun sejalan dengan potensinya, persaingannya juga sangat ketat. Yang perlu kalian pahami, semakin besar potensinya pastilah semakin besar persaingannya.

Dan ada baiknya kamu juga lebih menspesifikkan barang yang akan kamu jual. Misalnya fashion yang ada banyak jenisnya seperti pakaian wanita, pakaian pria, aksesoris, sepatu, tas, atau bahkan jersey bola. Dengan lebih menspesifikkan produk, kalian akan lebih fokus dalam memasarkan dan memilih target pemasaran. Kalau kedepannya sudah berkembang, baru deh memperluas spesifikasi produk yang dijual.

Mencari dan Memilih Supplier

Kalau kalian sudah menentukan produk apa yang akan dijual, cara memulai bisnis dropship selanjutnya adalah mencari dan memilih supplier. Dari pengalaman saya berbisnis dropship selama ini, mencari dan memilih supplier merupakan salah satu tantangan terbesar karena tidak semua supplier itu bagus. Ada dua cara yang biasa saya gunakan untuk mencari supplier, yaitu:

Mencari Supplier

Mencari di Google

Cara paling umum yang biasa saya lakukan adalah mencarinya di mesin pencari Google dengan mengetikkan kata kunci tertentu. Misalnya kalian ingin dropship pakaian wanita, kalian bisa mengetikkan kata kunci seperti dropship pakaian wanita, dropship baju cewek, reseller baju wanita, dropship gamis, atau kata kunci lainnya, silahkan kalian coba sendiri.

Mencari di Instagram

Cara kedua adalah mencarinya di media sosial Instagram, saya biasa mencarinya dengan menggunakan hashtag tertentu, tapi tidak memfokuskan kata kunci “dropship” atau “reseller” karena hasil pencarian yang keluar cuma sedikit, jadi saya lebih sering mencari dengan kata kunci nama produk. Misalnya #jualpakaianwanita, #jualgamis, #jualbajucewek, dan lain-lain.

Biasanya toko online yang membuka dropship akan menuliskannya di profil, jikapun tidak ada tulisannya kalian bisa tanya langsung dengan cara DM atau kontak nomor WA atau Line yang disediakan. Jangan takut dan malu, tanpa actions kita tidak akan dapat apa-apa.

Mencari di Marketplace

Saya jarang mencari di marketplace karena menurut saya agak sulit mencarinya, tapi saya pernah menemukan supplier yang cukup bagus produknya walau pelayanannya biasa saja. Kalian bisa mencari di marketplace seperti tokopedia atau shopee. Coba untuk mengetikkan kata kunci tertentu atau bisa memeriksa setiap profil toko yang produknya kelihatan bagus-bagus, jangan sungkan juga untuk menanyakan langsung kalau tidak ada info yang didapat di profil.
Advertisement


Mencari Info di Web Terkenal

Cara terakhir yang dulu pernah saya lakukan adalah membuka dan mencari info di web-web terkenal dan favorit saya, tujuannya untuk mencari info apakah mereka membuka dropship atau tidak. Biasanya jika mereka membuka dropship, ada infonya di bagian bawah atau atas web. Salah satu keuntungan jika web terkenal atau favorit membuka dropship, produknya kemungkinan besar bagus-bagus dan selalu up to date.

Memilih Supplier Dropship

Setelah kalian mencari supplier kesana kemari dan menemukan beberapa supplier, jangan diambil semuanya ya, mulailah hanya dengan supplier terbaik menurut kalian. Gimana menentukan supplier yang baik? Selain dilihat dari sisi kualitas produknya, supplier dropship yang baik bisa dilihat dari pelayanannya, komunikasinya, harga yang ditawarkan, dan masih banyak lagi.

Baca: Tips memilih supplier dropship yang baik, terpercaya, dan profesional.

Menentukan Media Pemasaran

Memilih media pemasaran adalah langkah penting dalam memulai bisnis dropship. Banyak orang yang menggunakan media pemasarannya belum optimal, contohnya hanya menjual kepada teman-temannya lewat WhatsApp atau Line atau aplikasi kirim pesan lainnya, ini bisa dimaklumi karena mereka berpikir bisnis dropship hanya untuk bisnis sampingan saja. Padahal, ada banyak media lain yang bisa digunakan dengan mudah untuk mengoptimalkannya, bahkan bisa membuat bisnis dropship tidak hanya sekedar bisnis sampingan, tapi bisnis utama.

Media pemasarannya sangat sederhana namun jarang digunakan oleh pelaku bisnis dropship karena tidak terbiasa, contohnya kalian bisa memasarkan di Instagram, Facebook, dan di Marketplace seperti Tokopedia. Saya sendiri memasarkan dan penjual produk dropship di Instagram, Facebook, dan Tokopedia. Menurut saya pribadi, ketiga media tersebut ampuh sebagai media pemasaran.

Jangan minder hanya karena kalian menjual barang dropship, anggap aja itu barang kalian sendiri. Tapi gimana kalau supplier menjual di media yang sama, misalnya sama-sama menjual di Instagram? Supplier saya juga menjual di media yang sama dengan saya kok, nyatanya produk saya laku juga tuh.

Tapi yang perlu kalian lakukan kalau terjadi hal seperti itu, jangan memasarkan produk ke konsumen supplier, artinya jangan bersaing dengan supplier karena kemungkinan besar kalian akan kalah dari segi harga. Selain itu, hindari teknik pemasaran yang sama dengan supplier, misalnya penggunaan tag harus beda dengan yang digunakan supplier. Kenapa? Karena konsumen baru bisa menemukan toko kalian dan toko supplier, kalau konsumen membandingkan harga ya tentu toko kalian akan kalah.

Baca: Cara pemasaran bisnis dropship untuk meningkatkan penjualan.

Membuat Sistem Manajemen

Katakanlah kalian sudah memiliki media pemasaran andalan dan mulai fokus memasarkan di media tersebut. Agar pengelolaan bisnis berjalan lancar dan rapi, saya sarankan untuk membuat suatu sistem manajemen yang akan mempermudah dalam pengelolaannya. Mulai dari yang sederhana dulu, seperti sistem pencatatan produk, misalnya produk ini dari supplier mana, harga berapa, tersedia berapa varian, dan lain-lain.

Contoh lainnya, berapa penjualan minggu ini, dari media mana saja penjualan berasal, produk apa saja yang terjual, dan ada banyak yang bisa kalian catatkan termasuk juga kapan kira-kira waktu terbaik dalam memposting produk. Dengan adanya pencatatan dan manajemen yang detail ini, terlihat merepotkan tapi cobalah karena sangat membantu dalam pengambilan keputusan. Saya sendiri sudah merasakan repotnya kalau tidak ada pencatatan yang baik.

Untuk mulai membuat catatan, kalian bisa menggunakan excel di komputer/laptop atau bisa menggunakan Smartphone kalian. Mulai dari yang sederhana dulu, yang penting rapi dan jelas aja.

Rahasia Sederhana Untuk Sukses

Saya bukan orang sukses, hanya seseorang yang merasa apa yang dilakukan sudah berjalan cukup lancar saja, termasuk bisnis saya. Saya punya resep sederhana untuk membuat bisnis saya berjalan lancar sampai saat ini, yaitu action dan konsisten. Saya percaya, jika saya bisa lebih actions dan lebih konsisten maka kedepannya bisnis akan lebih lancar dan berkembang lagi. Bagaimana dengan kalian? Sudah action dan konsisten? Atau baru bisa bacot (sorry ^_^) dan berangan-angan saja?

Baca: Cara agar bisnis dropship laris manis dan cepat berkembang.
----
Oke ya kawan-kawan, itulah beberapa cara memulai bisnis dropship dari nol sampai bisa berkembang, semuanya sebenarnya bergantung pada kemauan kalian untuk mencoba dan berusaha. Tapi, semoga artikel di atas bermanfaat dan membantu mewujudkan impian kalian. Jangan lupa untuk share artikel ini juga ya, thanks dan salam sukses.
Advertisement
.

No comments:

Post a Comment

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.