HOT Banget

Thursday 4 April 2019

Tips Agar Papan Nama Toko Lebih Menarik Perhatian Konsumen

Advertisement
.

Tips Agar Papan Nama Toko Lebih Menarik Perhatian Konsumen

– Keberadaan papan nama atau plang toko sangatlah penting untuk menunjukkan ke-eksistensian toko kalian. Jika lokasi toko di daerah sepi, papan nama toko mungkin akan lebih mudah terlihat. Tapi kalau lokasinya di tempat ramai atau tempat yang banyak menarik perhatian orang-orang, belum tentu toko kalian diketahui oleh konsumen.

Itu akan sangat merugikan dan tentunya menjengkelkan, oleh karena itu kalian perlu membuat papan nama toko menjadi lebih terlihat, lebih menarik perhatian, dan lebih spektakuler dari toko atau tempat menarik lainnya. Ini adalah cara awal dalam strategi pemasaran, yang pada akhirnya akan menentukan laris tidaknya penjualan.

Nah, terkait dengan bagaimana caranya agar papan nama toko lebih terlihat dan menarik perhatian, saya ada beberapa tips sederhana namun cukup ampuh. Tips ini bisa kalian coba, berikut tipsnya:

Sebelumnya, baca juga: Tips memasarkan produk di Instagram. Pasang iklan yang efektif.
Tips Agar Papan Nama Toko Lebih Menarik Perhatian Konsumen

Tata Letak dan Ukuran Papan Nama

Memiliki toko di tempat yang ramai memang potensial untuk meningkatkan penjualan, tapi bukan berarti akan selalu berhasil. Khususnya jika brand atau pemasaran kalian belum terlalu dikenal konsumen, kemungkinan akan kalah dengan brand toko lain. Oleh karena itu, salah satu yang perlu kalian maksimalkan adalah tata letak dan ukuran papan nama toko.

Kalian perlu jeli dalam hal ini, posisikan diri kalian sebagai konsumen dan cobalah untuk mempraktekkan dan berjalan di jalanan tempat toko berada, cari celah di mana papan nama bisa dilihat ketika kalian berjalan, dan perkirakan ukuran yang tepat agar tulisan atau gambar di papan bisa terlihat secara jelas. Pertimbangkan juga untuk meletakkan papan nama di sebrang jalan kalau lokasi itu memang lebih baik, asalkan ada penanda bahwa toko kalian berada di sebrang jalan.

Saran saya, jangan ragu untuk mengeluarkan dana lebih besar untuk membuat papan nama lebih besar dan spektakuler. Anggap aja itu investasi jangka panjang.

Cara Yang Memaksa Orang Untuk Melihat

Cara ini sangat ampuh dan efektif, saya sendiri mengalaminya. Suatu malam saya sedang berkendara, dan mata saya dipaksa untuk memperhatikan sebuah tempat yang sedikit tersembunyi, dan tahulah saya kalau di situ ada warung makan. Bukankah ini sangat ampuh? Cara ini sangat sederhana dan bisa kalian terapkan.

Cara ini bisa kalian terapkan dengan menggunakan sesuatu yang dapat mengganggu perhatian, contohnya adalah lampu kelap kelip. Ya lampu kelap kelip bisa kalian taruh di dekat papan nama toko, bisa di atas, bawah atau samping. Terlihat norak? Hmmn, tidak juga, tergantung kreatifitas kalian dalam mendesignnya dan menentukan lampu seperti apa yang digunakan.
Advertisement


Tapi jangan sampai mengganggu penglihatan pengendara ya, cukup mengalihkan perhatiannya saja. Contoh lampu yang bisa membahayakan pengendara seperti lampu sorot, ini bisa membutakan pandangan. Kelemahan dari cara ini adalah hanya efektif ketika malam hari saja.

Menggunakan Jasa Model

Ketika kalian memiliki ukuran papan nama toko yang besar dan terlihat masih ada banyak space yang bisa dimanfaatkan, tidak ada salahnya untuk memasukkan foto seorang model. Kita sedikit terbuka ya di sini, misalnya konsumen pria akan cenderung tertarik dengan gambar yang sesuai hasratnya, dalam hal ini tentu wanita cantik. Nah, kalian bisa memanfaatkan untuk menarik perhatiannya.

Tidak perlu foto yang tidak senonoh, itu justru akan merendahkan brand toko, pilih foto model yang sesuai. Tapi fotonya jangan nyari di Internet ya, pakai jasa model secara langsung, atau bisa juga menggunakan foto orang yang kalian kenal untuk mengurangi biaya. Dengan cara seperti ini, saya kira orang yang bukan target pemasaran kalian pun akan tahu ke-eksistensian tokomu di tempat itu. Dengan begitu jika kedepannya mereka membutuhkan produk yang kalian jual, mereka akan ingat dengan toko kalian.

Design Papan Nama Toko

Mau papan nama unik, namun jangan sampai orang yang melihat tidak mengerti ya. Ada beberapa hal yang wajib kalian perhatikan ketika mendesign plang toko. Beberapa diantaranya adalah teks dan huruf yang digunakan, kontras warna, dan pencahayaan.

Pertama adalah teks dan huruf, kalian perlu melihat siapa konsumen kalian, kalau orang tua mungkin gaya tulisan gaul akan sedikit sulit dimengerti, beda dengan anak muda. Perhatikan pula nama toko dan deskripsi yang terpampang, jangan terlalu panjang sesuaikan dengan perkiraan waktu orang yang lewat di jalanan. Misalnya, kalau papan nama toko kalian ada di perempatan, akan ada lebih banyak waktu untuk membaca, kalau ada di jalur cepat atau jalanan yang tidak padat akan sulit membacanya karena kebanyakan akan menancap gas kendaraannya.

Kedua adalah kontras warna dan pencahayaan, kontras warna yang buruk akan membuat gambar atau tulisan sulit di baca, misalnya kontras antara background papan nama dan tulisan atau gambar, belum lagi nanti plang toko juga bisa terkena cahaya matahari atau lampu di sekitar toko yang akan mempengaruhi kontras. Jadi, silahkan lakukan uji coba dan perhatikan pencahayaan di sekitar toko.

Display Produk Yang Menarik

Kadang kala, teknik dan strategi agar papan nama toko terlihat lebih menarik perhatian berhasil dilakukan, tapi kenapa banyak konsumen tidak juga tertarik dan berkunjung ke toko? Kalau dari pengamatan saya, ini bisa disebabkan karena tampilan toko sendiri tidak menarik. Sekarang coba kalian bayangkan ketika kalian memilih untuk berhenti di suatu toko, apa yang menjadi alasan untuk berhenti? Kalau saya pribadi, akan berhenti kalau tahu gambaran produk serta jenis yang dijual di suatu toko.

Yap, saya rasa konsumen perlu tahu setidaknya gambaran apa saja produk dan jenis produk yang kalian jual, walau di papan nama sudah jelas tapi bukan berarti konsumen akan begitu saja mengunjungi toko, karena bisa saja ada toko yang lebih menarik perhatian. Jadi, akan terlihat lebih mantap kalau kalian bisa memajang contoh produk-produk yang dijual, agar konsumen melihat dan lebih yakin.

Selanjutnya: Cara mengembangkan bisnis kecil menjadi besar.
----
Oke ya teman-teman semuanya, itulah tips agar papan nama toko terlihat lebih menarik perhatian konsumen. Semoga tips di atas bermanfaat dan membantu kalian dalam mengembangkan bisnis. Jangan lupa untuk share artikel ini juga ya, thanks dan salam sukses.
Advertisement
.

No comments:

Post a Comment

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.