HOT Banget

Monday 6 May 2019

Syarat dan Cara Membuat Rekening ATM BRI! Pengalaman Pernah Ditolak

Advertisement
.

Syarat dan Cara Membuat Rekening ATM BRI. Pengalaman Pernah Ditolak

– Bank BRI merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia, dengan fasilitasnya yang lengkap dan kompetitif membuatnya digemari oleh semua kalangan. Tidak heran kalau nasabah Bank BRI jumlahnya jutaan.

Beberapa bulan yang lalu saya membuat rekening ATM BRI, syarat dan prosedurnya ternyata sangat mudah dan cepat selesai. Nah, apakah kalian juga mau membuka rekening ATM di Bank BRI tapi bingung caranya? Oke tidak perlu khawatir, saya akan memberi kalian panduannya sesuai dengan pengalaman saya, silahkan simak berikut ini:

Sebelumnya, baca juga: 7 bank syariah terbaik di Indonesia, cocok untuk tabungan dan pinjaman.

Syarat dan Cara Membuat Rekening ATM BRI! Pengalaman Pernah Ditolak

Tips Agar Tidak Ditolak Oleh Bank BRI

Saat saya mau membuka rekening ATM BRI, sebenarnya saya sempet ditolak oleh CS Bank BRI. Ditolak berarti tidak boleh membuat rekening, kenapa? Ternyata untuk membuat rekening ATM BRI kita harus membuatnya di bank BRI yang ada disekitar tempat tinggal kita. Saya tidak tahu aturan ini, jadi dulu saya berniat membukanya di cabang BRI yang sedikit jauh dari tempat tinggal, niatnya biar dekat dengan cabang Bank Syariah Mandiri (Rekening saya yang lain), jadi kalau mau setor biar 1x stop gitu.

Tapi ternyata di sana saya ditolak, padahal udah antri cukup lama. Berat hati tapi oke deh saya terima penolakan tersebut, saya mengikuti saran dari CS Bank BRI tersebut untuk membuka di cabang yang dekat tempat tinggal saya. Tapi yang mengherankan dan ini cukup aneh menurut saya, saat saya menceritakan kejadian tersebut kepada CS Bank BRI yang ada di cabang dekat tempat tinggal, CS tersebut justru kaget atas penolakan tersebut, dia aja kaget apalagi saya. Saya kaget, lah kok dia justru kaget?

Jadi, ada apa dengan BRI, apa ada aturan baru? Tapi kenapa tidak semua CS tahu aturan tersebut? Hmmnn, entahlah. Tapi yang jelas, biar kalian tidak mengalami kejadian yang saya dengan yang saya alami, biar tidak membuang-buang waktu, saya sarankan untuk membuat rekening ATM BRI di cabang yang ada disekitar tempat tinggal kalian terlebih dahulu.

Jenis Rekening di Bank BRI

Pada umumnya ada 4 jenis rekening tabungan yang sering dipilih oleh nasabah Bank BRI, yaitu Britama, Simpedes, Tabungan Haji, dan Junio. Rekening Britama lebih cocok digunakan kalau kalian memiliki frekuensi transaksi yang tinggi karena limitnya lebih besar ketimbang rekening Simpedes, rekening Simpedes sendiri merupakan rekening yang dikhususkan untuk masyarakat pedesaan dimana limitnya sangat terbatas.

Sedangkan bagi kalian yang memiliki rencana untuk menunaikan ibadah haji, rekening Tabungan Haji cocok untuk kalian pilih. Dengan rekening ini kalian akan sangat terbantu dalam merencanakan keuangan agar dana haji dapat terkumpul lebih mudah. Nah, bagi kalian yang belum diakui dewasa oleh Negara alias masih di bawah 17 tahun, kalian bisa membuka rekening Junio BRI. Atau kalian yang ingin mengajari anak untuk mulai rajin menabung, bisa menggunakan rekening Junio.

Syarat Membuka Rekening ATM BRI

Syarat Membuka Rekening Simpedes

  • Mengisi formulir aplikasi pembukaan rekening.
  • Usia minimal adalah 17 tahun.
  • Bagi perorangan: KTP, NPWP (Jika tidak memiliki wajib mengisi formulir surat keterangan tidak memiliki NPWP).
  • Bagi non perorangan: legalitas usaha (akte pendirian dan ijin lainnya), NPWP, Anggaran dasar/SK Organisasi, dan identitas pengurus yang berwenang.
  • Setoran awal sebesar Rp. 100.000.
  • Setoran selanjutnya minimal Rp. 10.000.
Advertisement


Syarat Membuka Rekening Britama

  • Mengisi formulir aplikasi pembukaan rekening.
  • Usia minimal adalah 17 tahun.
  • Bagi perorangan: KTP, NPWP (Jika tidak memiliki wajib mengisi formulir surat keterangan tidak memiliki NPWP). Bagi WNA berupa passport dan KIMS/KITAP/KITAS atau surat keterangan pendukung.
  • Setoran awal sebesar Rp. 250.000 untuk Classic Card, dan Rp. 10.000.000 untuk Gold Card.
  • Setoran selanjutnya minimal Rp. 10.000.

Syarat Membuat Rekening Tabungan Haji

  • Mengisi formulir aplikasi pembukaan rekening.
  • Usia minimal adalah 17 tahun.
  • Bagi perorangan: KTP, NPWP (Jika tidak memiliki wajib mengisi formulir surat keterangan tidak memiliki NPWP). Bagi WNA berupa passport dan KIMS/KITAP/KITAS atau surat keterangan pendukung.
  • Setoran awal minimal sebesar Rp. 50.000 atau USD 50.
  • Setoran awal minimal sebesar Rp. 25.000

Syarat Membuka Rekening Junio

Usia Nasabah 0 s.d 12 Tahun

  • Orang tua memiliki rekening Tabungan BRI Britama atau Simpedes. Jika belum punya maka wajib membuatnya untuk digunakan sebagai rekening induk dari si anak.
  • Mengisi form aplikasi pembukaan rekening
  • Kartu keluarga atau akte kelahiran anak
  • Setoran awal minimal sebesar Rp. 100.000 (kalau orang tua juga harus membuat rekening maka setoran awal ditambah dengan setoran minimal rekening orang tua)
  • Fotocopy NPWP
  • Dilakukan AFT dari rekening orang tua.

Usia Nasabah >12 s.d 17 Tahun

  • Mengisi form aplikasi pembukaan rekening.
  • Identitas diri berupa kartu pelajar.
  • Fotokopi KTP orang tua dan surat pernyataan dari orang tua.
  • Setoran awal minimal sebesar Rp. 150.000.

Cara Membuat Rekening ATM BRI

Oke, setelah kalian tahu jenis-jenis rekening apa saja dan apa pula syarat pembukaannya. Langkah pertama tentu kalian siapkan terlebih dahulu dokumen yang dipersyaratkan sesuai dengan jenis rekening ATM yang ingin kalian buat di Bank BRI, dan jangan lupa siapkan uang untuk setoran awal, lebihkan sedikit uang kalian sekitar Rp. 30.000 buat jaga-jaga kalau ada biaya administrasi (saya lupa apakah ada administrasinya atau tidak).

Setelah siap semuanya, kunjungi cabang Bank BRI. Seperti pengalaman saya di atas, kunjungi cabang terdekat dengan tempat tinggal kalian terlebih dahulu ya! Setelah sampai di Bank BRI, ambil antrian CS bukan antrian Teller, jika bingung caranya jangan ragu untuk menanyakan kepada satpam yang bertugas.

Tunggu sampai antrian kalian dipanggil, jika sudah dipanggil langsung menuju CS yang dimaksud misalnya panggilannya kalian dapat CS 3 maka langsung ke CS 3. Oleh CS kalian akan ditanya maksud dan tujuan, katakan saja mau membuat rekening ATM yang kalian mau, kalian akan disodorkan formulir untuk diisi dan akan diminta dokumen persyaratannya.

Silahkan isi formulir tersebut dengan sebenar-benarnya, dan serahkan kalau udah selesai beserta semua persyaratan yang diminta, termasuk pula setoran awal. Tungu beberapa menit, CS sedang mengurus pembuatan rekening kalian, selesai.

Gimana, mudah banget kan?

Selanjutnya: Perbedaan rekening tabungan dan deposito, pilih mana?
----
Oke ya kawan-kawan, itulah syarat dan cara membuat rekening ATM BRI dengan mudah dan cepat. Semoga penjelasan di atas bermanfaat dan membantu kalian untuk membuka rekening ATM di Bank BRI. Jangan lupa untuk share artikel ini juga ya, thanks dan salam sukses.
Advertisement
.

No comments:

Post a Comment

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.