HOT Banget

Wednesday 8 May 2019

Pengalaman Suka Duka Mencari Uang Dari Blog

Advertisement
.

Pengalaman Suka Duka Mencari Uang Dari Blog

– Di jaman modern seperti saat ini dan beberapa tahun belakangan, cara mencari uang sudah mulai berkembang pesat. Sekarang jamannya internet, hampir semua hal bisa dilakukan dengan memanfaatkan internet, salah satunya adalah mencari uang dari blog.

Saya sendiri sudah sekitar 5 tahun berkecimpung di dunia blog mencari uang, awalnya sebagai bisnis sampingan tapi saat ini sudah mulai serius sebagai bisnis utama. Dalam 5 tahun itu, banyak hal telah saya alami, suka duka sudah saya rasakan.

Apakah kalian juga seorang blogger, atau ingin menjadi blogger, atau ingin mencari uang dari blog? Jika kamu seorang blogger veteran, mungkin artikel ini tidak akan bermanfaat. Tapi jika kalian masih pemula, sebaiknya kalian baca artikel ini sampai habis.

Nah, pada kesempatan ini, saya pengen berbagi pengalaman saya kepada kalian, siapa tahu bermanfaat dan memberi gambaran bagaimana mencari uang dari blog itu sebenarnya. Oke langsung saja, berikut suka duka yang saya alami:

Sebelumnya, baca juga: Cara mendapatkan uang dari blog! Gratis dan mudah.

Pengalaman Suka Duka Mencari Uang Dari Blog

Suka Cita Mencari Uang Dari Blog

Waktu dan Tempat Sangat Flexible

Suka cita yang paling terasa adalah bebas waktu dan tempat, dalam menjalaninya saya bisa memilih waktu kapan saja sesuai dengan aktivitas lain yang harus saya lakukan. Biasanya saya mengurus blog mulai dari jam 12 siang sampai jam 2 pagi, tidak non stop tapi diselingi istirahat, nonton film, dan main game. Kalau kamu kerja ikut orang lain, belum tentu bisa ngegame sambil kerja, hehehe.

Apalagi untuk tempat, bebas dimana saja sesuai keinginan, bisa di dalam kamar, di halaman rumah, atau bahkan di kebun. Saya biasanya di halaman rumah sambil ngopi dan melihat pemandangan, kadang juga sambil tiduran di dalam kamar.

Hanya saja, tips buat kalian yang pengen jadi full time blogger, walaupun waktu dan tempatnya bebas tetap harus dikontrol, kalau bukan kalian yang mengontrol, siapa lagi? Mengontrol maksudnya harus ada target penyelesaian pekerjaan, misalnya sehari bisa buat 3 artikel atau berapa. Ini penting, pengalaman saya pernah lepas kontrol dan hasilnya buruk, pendapatan turun drastis, dan trafik blog juga menurun.

Kenaikan Pendapatan Yang Gila

Saya mencari uang di blog dengan bergabung sebagai publisher Google Adsense, selama bertahun-tahun menjalaninya ada yang menarik dengan kenaikan pendapatan yaitu tidak mengenal yang namanya naik perlahan-lahan. Seringkali, kenaikannya itu sangat ekstrim, bisa langsung 50% dan bahkan record kenaikan tertinggi saya adalah 119%. Mantap kan?
Advertisement

Jadi gini, misalnya perhari kalian rata-rata mendapatkan pendapatan dari Adsense sebesar 1-2 Dollar, kenaikan perhari di bulan selanjutnya bisa 4-6 dollar. Kalau saya dulu ketika masih baru di dunia blog, awalnya cuman dapat sekitar 0.5 sampai 1.5 dollar, tapi di bulan selanjutnya naik menjadi 4-8 dollar perhari.

Kenaikan ini tidak terjadi tanpa sebab, tapi karena upaya untuk menaikkan ranking blog di mesin pencarian Google, dan kenaikan ranking inilah yang juga terjadi secara ekstrim.

Tidak Butuh Banyak Modal

Pada umumnya untuk mulai mencari uang di blog tidak membutuhkan banyak modal, kalian hanya butuh alat untuk membuka internet, bisa komputer/laptop atau pakai smartphone, serta kalian butuh akses internet, bisa modem atau memanfaatkan operator kartu smartphone kalian. Untuk biaya lainnya menyesuaikan kebutuhan kalian.

Pengalaman saya, dulu dengan update artikel 1 kali sehari tanpa membeli artikel, saya bisa mencapai ambang batas Adsense yaitu 100 Dollar. Jadi perbulan biaya rutin untuk menjalankan blog hanya kuota internet saja, 100 ribu udah cukup.

Kalau blog kalian sudah berkembang, bisa mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli artikel atau memperkerjakan penulis. Untuk harga artikel berbeda-beda ya, kalau dulu sih dengan uang sekitar 100-150 ribu saya bisa membeli 5 artikel. Dimana membeli artikel? Saya dulu membelinya di situs tempat kerja online.

Baca: Tempat kerja online terpercaya di Indonesia.

Banyak Ilmu dan Mudah Menjalankannya

Mencari uang di internet, khususnya di blog itu tidak membutuhkan orang yang genius, siapa saja bisa melakukannya asalkan mau belajar. Beruntungnya, untuk belajar ada banyak situs web atau blog yang bisa kalian jadikan tempat belajar secara gratis. Contohnya ya saya ini, saya tidak pernah belajar kursus berbayar, saya cuman memanfaatkan ilmu-ilmu gratis yang dibagikan oleh blogger lain.

Apapun kendala yang sedang saya hadapi, searching aja solusinya di Google, ada banyak blogger yang memberikan solusi secara cuma-cuma. Saran saya kepada kalian, jangan malas untuk belajar, mengurus blog itu tidak ada yang sulit tapi hanya perlu konsistensi. Seamatir apapun kalian saat ini, bisa diatasi dengan belajar, lama kelamaan kalian akan terbiasa dan ngeblog terasa sangat mudah.

Duka Cita Mencari Uang Dari Internet

Dipandang Sebelah Mata

Di Indonesia ini, kemajuan teknologi menurut saya kurang merata, atau masih terjadi kemajuan yang semu. Kenapa? Banyaknya yang memperbarui gadget dan peralatan modern yang dimilikinya, tapi tidak dengan pemahaman teknologinya. Contohnya adalah kejadian yang saya alami sendiri, banyak orang yang tidak percaya dan meremehkan bisnis online, khususnya bisnis dari blog.

Mereka tiap hari menggunakan internet, berselancar di blog-blog cari info, pakai aplikasi untuk mempermudah kegiatannya, streaming Youtube. Tapi ketika ada orang yang bilang kalau cari uang itu bisa lewat blog, mereka berkata “mana bisa, siapa yang kasih uang”, padahal mereka sendiri yang membuat kita mendapatkan duit. Hmmn, lucu memang!

Baca: Mencari uang di internet masih menjadi hal tabu bagi masyarakat Indonesia.
Advertisement

Terlalu Banyak Hari Libur di Indonesia

Bagi karyawan perusahaan atau pekerja lainnya, mungkin weekend dan hari libur merupakan anugerah. Tapi ini tidak berlaku bagi saya, ketika hari libur tiba merupakan hari yang buruk untuk trafik blog dan akan mempengaruhi pendapatan Adsense. Daripada berselancar di internet, mereka lebih memilih istirahat di rumah, tiduran, atau wisata.

Lebih parahnya lagi di Indonesia ini banyak sekali hari liburnya, belum lagi ditambah dengan adanya bulan Ramadhan yang juga menurunkan trafik secara signifikan. Tapi kalau dari pengalaman saya, yang terburuk adalah hari pemilu, kebanyakan masyarakat fokus pada pemilu, bahasannya ya pemilu.

Terbatasnya Kontrol

Di program periklanan yang saya ikuti yaitu Google Adsense, ada keterbatasan yang amat nyata yaitu terbatas untuk melihat iklan apa sih sebenarnya yang benar-benar bernilai. Kalau hanya melihat iklan apa aja yang tayang, itu bisa dilakukan. Tapi kadang kala kita ingin melihat nilai atau harga dari suatu iklan, jadi kita bisa memaksimalkannya.

Untuk masalah harga perklik iklan, tidak banyak yang bisa saya lakukan, hanya bisa memperbanyak dan meningkatkan kualitas konten, membuat custom channel, dan lain-lain. Tapi pada akhirnya saya tidak tahu mana iklan yang mahal dan mana yang murah, jadi saya tidak bisa asal ngeblock iklan.

Butuh Waktu, Konsistensi, dan Pengorbanan

Blog memang menawarkan cara untuk mendapatkan uang dengan mudah dan mengasyikkan, tapi itu tidak bisa diwujudkan hanya dalam satu malam saja, tidak seperti berdagang yang bisa mendapatkan penjualan kapan saja. Kalau saya dulu, butuh setahunan untuk bisa menikmati uang dari Adsense. Kok lama banget? Iya memang lama, dan ini bisa lebih lama kalau kalian tidak serius.

Sebelum memikirkan uang, yang perlu kalian pikirkan dulu adalah bagaimana menyediakan konten yang berkualitas, bagaimana mendapatkan trafik, dan bagaimana agar bisa diterima sebagai publisher Google Adsense. Semuanya sebenarnya mudah, hanya saja butuh waktu, konsistensi, dan pengorbanan, silahkan kalian searching sendiri hal-hal di atas! Kalian akan langsung menyadari kalau untuk mendapatkan uang dari blog itu tidak bisa instan.

Saya dulu juga begitu, tidak mendapatkan apa-apa selama beberapa bulan, kalaupun udah dapat uang tapi belum bisa diambil karena belum melewati ambang batas pengambilan. Tapi sekarang Alhamdulilah semuanya sudah mudah, bisa merasakan gurihnya uang dari Google Adsense.

Semakin Lama Semakin Berat

Mudahnya mendapatkan uang dari blog ternyata menjadi pedang bermata dua, kalau mudah tentu banyak orang yang menginginkannya. Dan saat ini, banyak sekali blogger-blogger baru yang bermunculan dan meramaikan persaingan. Saya merasakan ini, semakin lama semakin berat persaingannya untuk mendapatkan ranking di mesin pencari, bahkan beberapa kata kunci dari blog saya turun rankingnya.

Tapi mau gimana lagi, yang bisa saya lakukan hanya menerima persaingan tersebut dan berusaha untuk memenangkannya. Tidak ada pilihan lain bagi saya, harus terus berkarya, mengamati, mempelajari, dan berkembang.

Selanjutnya: Pengalaman bekerja sambil bisnis sampingan! Suka duka yang saya alami.
----
Oke ya teman-teman semuanya, itulah seklumit pengalaman suka duka mencari uang dari blog yang saya alami sendiri. Semoga pengalaman di atas bermanfaat dan menginspirasi. Jangan lupa untuk share artikel ini juga ya, thanks dan salam sukses.
Advertisement
.

No comments:

Post a Comment

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.