HOT Banget

Wednesday 12 June 2019

Investasi Emas di Pegadaian! Aman, Mudah, dan Menguntungkan

Advertisement
.

Investasi Emas di Pegadaian! Aman, Mudah, dan Menguntungkan

– Di jaman modern seperti saat ini dimana inovasi bisnis dituntut untuk selalu dikembangkan, PT. Pegadaian memahami hal tersebut dan menyediakan inovasi baru. Mulai dari beberapa tahun lalu, PT. Pegadaian tidak hanya melayani jasa gadai saja, namun juga menyediakan sarana investasi emas.

Sebagai salah satu BUMN terpercaya, tentu produk investasi emas di pegadaian ini sangat patut untuk dipertimbangkan. Dan benar saja, sistem investasi emas di pegadaian memang sangat mudah, bahkan bagi kalian yang minim dana masih bisa ikut berinvestasi.

Menurut saya, jika kalian masih awam dengan investasi dan memiliki dana yang cukup terbatas, bisa memulainya dengan berinvestasi emas di pegadaian. Kenapa? Nah, silahkan simak ulasannya di bawah ini:

Sebelumnya, baca juga: Tips dan cara investasi emas – berkebun emas.
Investasi Emas di Pegadaian! Aman, Mudah, dan Menguntungkan

Kenapa di Pegadaian?

Inilah alasan kenapa saya merekomendasikan kalian untuk berinvestasi emas di pegadaian, khususnya bagi yang masih awam dan coba-coba, walaupun di pegadaian sebenarnya juga sangat cocok bagi yang sudah berpengalaman.

Murah dan Menguntungkan

Pegadaian mampu menciptakan sistem investasi yang membuat siapa saja bisa melakukannya. Di pegadaian, kalian hanya perlu dana minimal sekitar Rp. 6.000 saja untuk berinvestasi emas. Rp. 6.000 dapat emas? Iya, dan ini bukan cicilan lho, karena tidak ada bunga, tidak ada batas waktu, dan tidak ada minimalnya. Di Pegadaian, salah satu sistem investasi emas yang diterapkan adalah tabungan emas.

Apa itu tabungan emas? Sabar dulu, baca bagian Produk Emas Pegadaian di bawah, akan saya jelaskan semuanya. Nah, selain murah, investasi emas di pegadaian juga salah satu yang paling menguntungkan. Contoh, jika suatu waktu kalian butuh pinjaman mendadak, kalian tinggal menggadaikan emas kalian yang ada di pegadaian.

Jadi gini, di pegadaian kan ada banyak produk investasi emas, baik yang masih tersimpan di pegadaian atau sudah kalian cetak emas dan sertifikatnya. Selama ada label atau sertifikat emas dari PT. Pegadaian, emas kalian akan sangat mudah diterima untuk mencari pinjaman di pegadaian, dan tentunya emas akan dihargai cukup tinggi artinya pinjaman akan lebih besar.

Aman dan Mudah

Selain murah dan menguntungkan, sebagai salah satu BUMN terpercaya di Indonesia, PT. Pegadaian tentunya sangat dapat dipercaya. Jadi, kalau kalian investasi emas di sana, mustahil kena penipuan. Emas akan selalu sesuai seperti yang kalian beli, asli, bersertifikat resmi, dan sesuai karat. Juga, jika emas kalian masih berada di pegadaian, jangan khawatir karena emas pasti disimpan dengan baik, tidak mungkin hilang dan akan selalu dirawat.

Dari sisi keamanannya sudah oke, lalu bagaimana dengan prosesnya? Ini juga jangan dikhawatirkan, ingat slogan PT. Pegadaian? Mengatasi masalah tanpa masalah, jadi kalau prosesnya sulit dan menyulitkan, percuma banget dong slogannya itu. Untuk berinvestasi emas di pegadaian, tidak perlu syarat yang macam-macam, secara umum hanya butuh fotokopi identitas, mengisi formulir, membayar administrasi dan investasi awalnya saja.
Advertisement


Produk Investasi Emas di Pegadaian

Nah, seperti yang sudah saya singgung di atas, di pegadaian ada 3 macam produk investasi emas, yaitu:

Tabungan Emas

Produk ini adalah produk investasi emas di pegadaian yang paling cocok bagi pemilik modal minim, pasalnya dengan produk ini seorang investor hanya butuh minimal dana sekitar Rp. 6.000 saja seperti yang saya bilang di atas. Produk ini seperti tabungan biasa di Bank, hanya saja dana yang terkumpul nantinya akan dikonversi ke emas.

Baca selengkapnya: Tabungan emas Pegadaian! Murah meriah menguntungkan.

Emas Batangan (Mulia)

Untuk emas batangan, PT. Pegadaian memberikan 3 pilihan investasi yaitu, membelinya secara langsung saat itu juga, secara angsuran, dan secara kolektif. Secara langsung artinya seperti jual-beli biasa, kalian lunasi pembayaran maka emas sudah bisa kalian bawa pulang. Secara angsuran, kalian akan diberi waktu antara 3 sampai 36 bulan untuk melunasi pembayaran, emas pun baru bisa kalian bawa pulang ketika lunas.

Untuk angsuran sendiri ada kewajiban pembayaran 15% dari harga emas yang berlaku sebagai DP. Sedangkan pembelian emas secara kolektif, artinya dapat dilakukan dengan cara sharing modal dengan beberapa orang, atau bisa juga dalam bentuk arisan.

Emas batangan itu berapa beratnya? PT. Pegadaian menyediakan emas batangan dengan berat antara 5 gram hingga 1 Kilogram. Dan seperti yang saya bilang sebelumnya, jangan khawatir dengan kualitasnya, dijamin top dan bersertifikat resmi.

Baca juga: Pilih emas batangan, perhiasan, atau dinar untuk investasi?

Konsinyasi Emas

Apa itu konsinyasi? Konsinyasi itu sederhananya menitipkan barang untuk dijualkan, misalnya kalian nitip barang dagang di warung sebelah untuk menjual dagangan kalian tersebut. Jadi, konsinyasi emas adalah metode dari PT. Pegadaian yang mengizinkan kalian untuk menitipkan emas di pegadaian agar dapat dijual dengan harga yang tinggi.

Jika kalian berkeinginan konsinyasi emas, nanti oleh pegadaian akan dibuatkan semacam kontrak selama 3 bulan, jika dalam 3 bulan emas belum terjual maka bisa diperpanjang jika kalian mau. Tapi saya rasa, dalam 3 bulan kemungkinan akan dapat terjual, pasalnya oleh pegadaian sendiri emas konsinyasi akan diprioritaskan untuk dijual. Artinya, jika ada orang lain mau beli emas di PT. Pegadaian, mereka akan menjual emas kalian dulu sebelum menjual cadangan emas mereka.

Adakah Kekurangan Berinvestasi Emas di Pegadaian?

Tidak ada yang sempurna kecuali Allah SWT. Begitu pula dengan investasi emas di pegadaian, walaupun cukup memudahkan berinvestasi emas bahkan untuk pemula, tetap saja akan terlihat kekurangannya jika kita mencermati. Pertama jika kita cermati pada salah satu produk pegadaian, yaitu Tabungan Emas dimana acuannya adalah kurs emas, sedangkan kurs emas dapat berubah kapan saja.

Jika kalian sudah membaca ulasan saya mengenai Tabungan Emas, kalian akan tahu kalau baru bisa mencetak emas jika tabungan sudah mencapai minimal sekian gram. Ditambah lagi jika kalian menabung dengan nilai konstan alias tidak ditingkatkan sedangkan harga emas naik, maka akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mencetak emasnya.

Kedua, jika kalian mencetak emas nanti akan ada juga biaya cetak yang cukup tinggi tergantung berat. Ketiga, ada beberapa biaya administrasi yang perlu kalian bayar nantinya. Terakhir, jika kalian ikut konsinyasi emas, keuntungan tidak 100% kalian dapatkan, kalian wajib bagi keuntungan dengan pihak PT. Pegadaian.

Selanjutnya: 6 tips menjual emas dengan harga tinggi! Untung dan anti tertipu.

Gimana, tertarik berinvestasi emas di pegadaian? Jika iya, langsung saja menuju cabang PT. Pegadaian terdekat di daerah kalian masing-masing!
----
Oke ya semuanya. Itulah sedikit ulasan mengenai investasi emas di pegadaian yang menurut saya patut banget dipertimbangkan. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan menambah wawasan kalian semuanya. Jangan lupa untuk share artikel ini ya, thanks dan salam sukses.
Advertisement
.

No comments:

Post a Comment

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.