HOT Banget

Sunday 3 March 2019

Kapan Waktu Terbaik Upload/Posting Produk Di Instagram? Ini Jam dan Harinya

Advertisement
.

Kapan Waktu Terbaik Upload/Posting Produk Di Instagram? Ini Jam dan Harinya

– Tujuan kita mengupload foto atau video produk di Instagram adalah untuk dilihat oleh calon konsumen, sehingga mereka berpotensi untuk membeli produk kita tersebut. Tapi yang jadi masalah adalah justru uploadan kita tersebut sama sekali atau sedikit yang melihatnya.

Saya juga mengalami ini, dan menurut saya penentuan kapan waktu terbaik untuk upload foto dan video produk di Instagram ini cukup komplek, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Tapi dari apa yang saya amati beberapa bulan terakhir, baik dari pengamatan saya sendiri maupun dari penelitian yang saya baca, saya sudah punya kesimpulan kapan waktu terbaiknya. Mau tahu? Silahkan baca artikel ini sampai selesai:

Sebelumnya, baca juga: Cara menemukan target pemasaran yang tepat sasaran di Instagram.
Kapan Waktu Terbaik Upload/Posting Produk Di Instagram? Ini Jam dan Harinya

Pahami Dulu Algoritma Instagram

Oh iya, sebelum masuk ke pembahasan inti, saya mau menginfokan saja bahwa algoritma Instagram itu tidak berdasarkan timeline (urutan waktu postingan), tapi berdasarkan campuran antara interest (minat), recency (postingan terbaru), dan relationship (hubungan pengguna dengan akun). Jadi, jika ada pengguna yang sering berinteraksi dengan akun bisnis kalian, misalnya like atau komen, maka jika kalian posting, postingan kalian akan diprioritaskan untuk ditampilkan ke pengguna tersebut ketika pengguna membuka akun Instagramnya.

Begitu juga jika pengguna merupakan orang yang dekat dengan kalian, misalnya teman Facebook, terkait dengan nomor WA, dan sebagainya, maka postingan produk kalian juga akan ditampilkan kepada mereka. Walaupun demikian, jangan lupakan juga faktor recency, dimana postingan kamu bisa ditampilkan ke pengguna/follower jika postingan produk kalian bisa bertepatan ketika follower aktif menggunakan Instagramnya.

Dari situ kalian juga bisa membangun interaksi dengan mereka agar faktor interest juga terbangun. Sehingga dikemudian hari, postingan foto dan video produk bisa lebih berpotensi untuk ditampilkan kepada para followers. Kesimpulannya, memilih waktu untuk memposting foto dan video produk di Instagram masih tetap penting meskipun algoritma Instagram tidak berdasarkan timeline, atau justru pemilihan waktu tersebut akan menjadi hal yang lebih baik.

Jam Terbaik Posting Produk Di Instagram

Dari pengamatan saya, waktu terbaik untuk posting produk di Instagram adalah jam 13.00, dan untuk malam hari adalah jam 20.00. Sedangkan dari penelitian yang dilakukan oleh lembaga layanan tools, Latergram, waktu terbaik adalah pukul 11.00-13.00 untuk siang hari, dan pukul 19.00 – 21.00 untuk malam hari. Nah, dilihat dari pengamatan saya dan penelitian dari Latergram ini nampaknya cocok sekali, jam-jam dari saya masih masuk dalam range terbaik menurut Latergram.

Kenapa di jam-jam tersebut? Menurut saya pribadi, di jam tersebut banyak pengguna sedang beristirahat dari rutinitasnya dengan membuka akun Instagram sebagai hiburan.

Selain di waktu tersebut, Latergram juga pernah menyatakan bahwa pukul 17.00 dan 02.00 dini hari merupakan salah satu waktu terbaiknya. Hal ini mudah dipahami, pada pukul 17.00 saya kira banyak pengguna yang sejenak membuka Instagramnya selepas kerja dan sebelum pulang, sedangkan jam 02.00 dini hari sebagai pelampiasan pengguna yang sulit tidur atau insomnia.

Kapan saya upload produk di Instagram? Saya selalu berusaha upload produk di Instagram sesuai jam terbaik menurut saya, yaitu jam 13.00 dan 20.00, kadang 2x upload sehari kadang juga 1x sehari.
Advertisement



Hari Terbaik Upload Produk Di Instagram

Dari pengamatan saya sendiri, hari terbaik untuk upload produk di Instagram adalah hari selain sabtu, minggu, dan tanggal merah. Sedangkan menurut Latergram, hari terbaik adalah hari Rabu dan Kamis. Pengamatan saya dan Latergram sama-sama mengesampingkan hari sabtu dan minggu, kenapa?

Menurut saya, di hari tersebut banyak orang yang sedang melakukan aktivitas liburan, acara keluarga, atau istirahat. Pengguna punya banyak waktu untuk melepaskan kepenatan dengan melakukan aktivitas yang lebih membuat mereka senang dan rilex.

Sedangkan di hari-hari padat, mereka memang penat dengan pekerjaan atau aktivitas mereka, dan membutuhkan hiburan juga, tapi sayang tidak punya waktu banyak seperti weekend atau hari libur, sehingga pelampiasannya adalah Instagram.

Jangan Terpaku Pada Jam dan Hari Di Atas

Jam dan hari di atas secara umum memang yang terbaik ya, saya setuju dan sering sekali mengaplikasikan jam dan hari terbaik tersebut. Tapi jika kalian ingin ikut mengaplikasikan juga, ada beberapa hal yang musti kalian lakukan, 1. Perhatikan lokasi follower, 2. Usia, 3. Gender, dan 4. Profesi dari target pemasaran.

Misalnya lokasi, di Indonesia terbagi menjadi 3 wilayah waktu, WIB, WIT, dan WITA, jika kalian ingin posting jam 19.00 WIB dan ternyata follower kalian banyak yang dari zona waktu WIT, maka kalian perlu posting sekitar jam 20.00, begitu juga jika WITA kalian perlu menyesuaikannya.

Untuk melihat dan memahami detail dari follower kalian, kalian dapat melihatnya lewat fitur yang disediakan oleh Instagram, yaitu Insight. Untuk melihatnya, klik menu 3 garis yang ada di pojok kanan atas, lalu klik Insight.
Kalian bisa mempelajarinya, mulai dari Aktivitas yang menunjukkan jangkauan dan keterlihatan akun terbanyak dalam beberapa hari terakhir, Konten, dan juga Pemirsa untuk memahami jenis kelamin, wilayah, dan lain-lain dari follower kalian.
Oh iya, Insight ini hanya tersedia jika akun Instagram kalian merupakan akun bisnis ya, jika personal tidak ada fitur tersebut.

Selanjutnya: Cara pemasaran online yang ampuh di tahun 2019.
----
Oke ya kawan-kawan, itulah penjelasan dari saya tentang kapan waktu terbaik upload/posting produk di Instagram. Semoga penjelasan di atas bermanfaat dan membantu kalian dalam berjualan online di Instagram. Jangan lupa share juga artikel ini ya, thanks dan salam sukses.
Advertisement
.

No comments:

Post a Comment

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.