HOT Banget

Wednesday 27 February 2019

Tips Memilih Supplier Dropship Yang Baik, Terpercaya, dan Profesional

Advertisement
.

Tips Memilih Supplier Dropship Yang Baik, Terpercaya, dan Profesional

– Bisnis jualan dengan sistem dropship memang menggiurkan, selain karena hemat biaya, bisnis dropship juga terbilang cukup mudah. Tidak perlu repot packing, kulakan, perawatan stok, dan sebagainya, kita hanya perlu memasarkannya saja. Saya sendiri sudah cukup lama terjun dalam bisnis dropship, suka dukanya sudah saya sendiri rasakan juga.

Di awal-awal memulai bisnis dropship, kesulitan terbesar yang saya hadapi adalah menemukan supplier yang baik dan yang bisa dipercaya. Kalau hanya menemukan supplier saja, saya kira sangat mudah, searcing aja di Google, kalian akan menemukannya banyak sekali. Tapi yang sulit itu memilih diantara sekian banyak supplier, mana yang terbaik, bisa dipercaya, dan profesional.

Seperti apa supplier yang baik itu? Tentu saja supplier yang tidak merugikan kalian. Hati-hati ya, tidak semua supplier dropship itu baik, di luar sana ada banyak supplier yang nakal dan tidak profesional, misalnya supplier yang tidak mau bertanggung jawab dengan produk yang cacat atau rusak, bisa juga supplier yang justru mencuri pembeli kalian dengan mencantumkan nomor mereka ke paket kiriman.

Lalu bagaimana caranya memilih supplier dropship yang baik itu? Saya ada beberapa tips yang bisa kalian terapkan, berikut tips dari saya:

Sebelumnya, baca juga: Review buku Dropship Mastery, panduan bagi pemula.
Tips Memilih Supplier Dropship Yang Baik, Terpercaya, dan Profesional

Mencoba Membeli Produknya

Seperti yang saya sebut di atas, supplier bisa mencuri pelanggan kalian dengan mencantumkan nama dan kontak mereka. Bukankah harusnya dalam paket kiriman itu nama dan kontak kalian yang dicantumkan? Jika nama dan kontak supplier yang dicantumkan, maka ada potensi besar pembeli kita tersebut akan beralih ke supplier. Bagi dropshipper, hal semacam ini tentu sangat tidak menguntungkan.

Oleh karena itu, menurut saya kalian wajib membeli produk dari supplier tersebut untuk melihat apakah supplier nakal atau tidak. Pura-puralah kalian mendapatkan calon pembeli, bisa kalian atasnamakan saudara atau teman, kemudian jika paket kiriman sampai di saudara atau teman, lihat nama dan kontak siapa yang dicantumkan, apakah punyanya supplier sendiri atau nama dan kontak toko kalian.

Ini memang cukup merepotkan, tapi menurut saya sendiri sangat penting dilakukan. Dan ini akan terasa mengasyikkan jika produk yang kalian pilih adalah produk kesukaan kalian. Jadi ketika membeli untuk test supplier, produk tersebut bisa kalian gunakan sendiri juga.

Pilih Supplier Yang Menerima Retur Barang

Tips yang kedua adalah pilihlah supplier yang berani memberikan garansi alias mau menerima retur barang dan bertanggung jawab jika produk yang dikirmkan ke pembeli cacat atau rusak. Ini sangat penting, jika produk yang dikirimkan rusak atau cacat, pembeli pasti akan komplain ke kalian dulu. Dan sewajarnya kalian komplai juga ke supplier, nah gimana jadinya jika supplier tidak mau bertanggung jawab dengan komplain dari konsumen kalian tersebut?

Pilihannya cuma dua, kalian merugi dengan mengganti dan menerima barang cacat atau rusak tersebut. Dan pilihan kedua adalah dengan tidak mau bertanggung jawab juga dengan komplain tersebut, di mana pilihan kedua ini sangat buruk untuk citra toko kalian. Oleh karena itu, kriteria supplier dropship yang mau memberikan garansi adalah wajib.
Advertisement



Kemudahan Dalam Berkomunikasi

Untuk memudahkan kalian dalam berkomunikasi dengan calon pembeli, maka sewajarnya juga jika kalian harus mudah berkomunikasi dengan supplier. Dengan kata lain, saya sarankan untuk memilih supplier yang fast respon. Kenapa? Dalam prakteknya, kalian pasti akan banyak menerima pertanyaan-pertanyaan dari calon pembeli, di mana pertanyaan tersebut harus kalian jawab dengan menanyakan terlebih dahulu kepada supplier, misalnya pertanyaan ketersediaan barang, ukuran, kualitas, dan sebagainya.

Jika jawaban dari supplier slow respon, ya otomatis kalian juga akan slow respon kepada calon pembeli. Efeknya, calon pembeli bisa beralih ke toko lain, atau sudah tidak mengindahkan jawaban kalian karena dianggap sudah basi atau semacamnya.

Tips dari saya juga, cobalah untuk mencari supplier yang memiliki banyak admin, jadi kalian bisa beralih dari admin 1 ke admin lainnya. Akan sangat beruntung sekali jika kalian bisa menemukan supplier yang bahkan di waktu-waktu istirahat atau hari libur masih menjawab pertanyaan kalian, karena kenyataannya calon pembeli sering sekali menghubungi di waktu-waktu istirahat seperti malam hari, dan juga di hari-hari libur.

Update Stok Online

Jika supplier kalian bisa menyediakan update online secara real time di website mereka, maka hal ini akan sangat memudahkan kalian. Kalian bisa cek sendiri barang apa saja yang ready, tinggal berapa barang, dan barang apa yang habis. Ini akan menghemat waktu kalian dalam menjawab pertanyaan dari calon pembeli.

Sebagai dropshipper pemula, adanya update stok ini mungkin tidak wajib, karena mungkin pembelinya belum terlalu ramai. Tapi, jika pembeli sudah ramai, dan banyak sekali yang menanyakan ketersediaan produk, maka menurut saya adanya update stok online secara real time ini menjadi wajib. Jika tidak ada, saya yakin sekali kalian akan sangat kerepotan, harus tanya ke supplier dulu baru bisa menjawab, belum lagi jika ada pertanyaan lain yang perlu juga ditanyakan dulu ke supplier.

Menginformasikan Produk Secara Lengkap

Nah, selain update stok, akan lebih baik lagi jika kalian juga bisa menemukan supplier yang mampu memberikan informasi tentang produk tersebut, misalnya jika produk pakaian, maka informasi yang bisa diberikan seperti bahan, ukuran dada, lengan, panjang pakaian, dan sebagainya. Sekali lagi, ini akan menghemat waktu kalian dalam menjawab pertanyaan calon pembeli.

Pembelajaran Yang Konsisten

Tips selanjutnya untuk memilih supplier dropship yang baik menurut saya adalah supplier mampu menyediakan media atau materi pembelajaran yang konsisten alias update sesuai situasi dan kondisi yang terjadi. Bentuknya sederhana saja, bisa berupa group wa atau facebook khusus dropshipper. Di dalam group tersebut ada pembelajaran-pembelajaran, seperti share meningkatkan penjualan dari member lain, tutorial edit gambar atau video untuk meningkatkan daya tarik produk, atau pembelajaran lainnya.

Apapun pembelajarannya selama itu bermanfaat untuk perkembangan bisnis dropship kalian, maka bisa dibilang supplier tersebut baik. Ini menandakan supplier tidak lepas tangan dengan para dropshippernya. Walaupun hal tersebut pada akhirnya juga akan menguntungkan supplier, tapi setidaknya supplier mau tumbuh dan berkembang bersama. Toh, dropshipper juga akan diuntungkan.

Harga Yang Kompetitif Sesuai Kualitas Produk

Logikanya, jika kita menjual lebih mahal dari supplier, tentu produk yang kita jual akan sulit terjual. Jadi di sini, supplier akan lebih baik jika mampu memberikan harga lebih murah dari harga yang mereka jual sehingga kalian sebagai dropshipper bisa lebih leluasa menentukan keuntungannya. Tapi kalian juga tidak bisa asal memilih supplier yang memberikan harga justru terlalu murah, pertimbangkan pula kualitas dari produk itu sendiri.

Selanjutnya: 7 bisnis tanpa modal yang paling mudah dijalankan.
----
Oke ya teman-teman, itulah beberapa tips memilih supplier dropship yang baik, terpercaya, dan profesional menurut saya. Semoga tips-tips di atas bermanfaat dan membantu kalian menemukan supplier dropship terbaik. Jangan lupa share artikel ini juga ya, thanks dan salam sukses.
Advertisement
.

No comments:

Post a Comment

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.