HOT Banget

Friday 10 May 2019

Dropshipaja.com: Supplier Dropship Barang Custom! Kelebihan dan Kekurangannya

Advertisement
.

Dropshipaja.com: Supplier Dropship Barang Custom! Kelebihan dan Kekurangannya

– Apa kalian masih bingung cari supplier untuk dropship? Jika kamu merasa orang yang kreatif, mungkin menyediakan barang custom bisa kalian pertimbangkan.

Mungkin sebelumnya kalian pernah mendengar dropshipaja.com, sebenarnya situs apa sih itu? Dropshipaja.com merupakan supplier dropship untuk barang custom,  ada banyak barang yang bisa dicustom di sini, beberapa diantaranya yaitu kaos, case aneka tipe HP, PowerBank, E-Money, dan lain sebagainya.

Saya sendiri sudah menjadi member di dropshipaja.com walaupun belum fokus, selama menggunakan dropshipaja.com sebagai supplier saya, ada kelebihan dan kekurangan yang saya rasakan. Nah, mau tahu apa saja kelebihan dan kekurangannya? Silahkan simak berikut ini:

Sebelumnya, baca juga: Tips memilih supplier dropship yang baik, terpercaya, dan profesional.

Dropshipaja.com: Supplier Dropship Barang Custom! Kelebihan dan Kekurangannya

Kelebihan Dropshipaja.com

Barang Custom Dijamin Berkualitas

Kalau ditanya kenapa saya dulu mau menjadi member dropshipaja? Jawabannya tentu karena kualitas barang custom yang diberikan sangat berkualitas. Baik untuk custom kaos, case HP, PowerBank, dan barang lain dijamin deh kualitasnya bukan kaleng-kaleng, mulai dari bahan yang dipakai sampai kualitas prin atau sablonnya.

Bahkan pihak dropshipaja juga menganjurkan kalian untuk memesan barang custom yang kalian buat, biar kalian tahu sendiri gimana kualitasnya. Selain itu, jika ada masalah terhadap barang custom dan pembeli komplain kepada kalian, pihak dropshipaja memberikan kemudahan dalam proses return, jadi tidak perlu kuatir pasti diganti.

Tersedia Fitur Design Online

Karena dropshipaja merupakan supplier dropship yang berbasis barang custom, maka sudah sewajarnya kalau memberikan fitur yang memudahkan membernya, salah satunya adalah dengan menyediakan fitur design online. Dengan fitur design online ini, kalian bebas mengekspresikan ide dan kreativitas kalian, designmu dijamin unik dan tidak akan ada yang menirunya. Bahkan, pihak dropshipaja juga tidak akan menggunakan designmu untuk member lain.

Jadi, designmu ya designmu, hanya kalian yang bisa custom sesuai designmu, dan hanya pelangganmu saja yang bisa membeli barang custom sesuai dengan designmu.

Sulitkah menggunakan fitur design online tersebut? Ini sih relatif tergantung si pengguna, kalau pengalaman saya dulu ketika menggunakan fitur tersebut cukup mudah, loadingnya juga cepat, dan bisa mendesign lewat browser Smartphone.

Barang Selalu Diupdate

Di dropshipaja kalian bebas mendesign dan mengcustom barang apa saja, selama barang tersedia. Maksudnya, misalnya kalian pengen custom Case untuk Oppo F7, kalian bisa melakukannya selama Case dasar (Case polosan untuk Oppo F7) masih tersedia. Dan jangan khawatir, kalaupun barangnya habis pihak dropshipaja akan restock secepat mungkin.
Advertisement

Selain itu, yang hebat dari dropshipaja adalah memiliki kemampuan untuk mengerti tren. Jadi semisal ada merk dan tipe HP baru muncul, mereka dengan cepat akan menyedia barang untuk HP tersebut. Jadi kalian sebagai dropshipper juga akan diuntungkan karena akan mampu menyediakan barang custom sesuai tren.

Sering Ada Promo Ongkir Gratis dan Adanya Fitur COD

Ongkir walaupun rata-rata hanya sebesar Rp. 15.000 sampai Rp. 30.000 tapi pada kenyataannya mampu mempengaruhi keputusan dari calon pembeli. Nampaknya pihak dropshipaja menyadari hal ini, dan mereka pun sering sekali memberikan promo gratis ongkir. Jangka waktu promo free ongkir ini tidak cepat ya, tapi lama banget dan justru sering diperpanjang.

Setelah sekian lama tidak menggunakan dropshipaja karena masih fokus ke yang lainnya, ketika saya login kembali di dropshipaja.com ternyata ada penawaran baru yang mantap, yaitu fitur layanan COD. Walaupun belum mengkover seluruh wilayah di Indonesia, tapi fitur ini bisa menjadi pemanis kepada calon pembeli, dan tentu saja bisa meningkatkan kredibilitas online shop kalian.

CS Yang Responsive

Pengalaman saya menjadi seorang dropshipper sudah cukup banyak, sudah banyak pula menemui supplier dropship dengan berbagai macam jenis. Tapi kebanyakan dari supplier yang saya pakai untuk menyediakan barang, tidak semuanya memiliki CS yang responsif, kebanyakan slow respon, menjawab tidak informatif dan justru memunculkan pertanyaan lain. Tapi, tipe CS seperti itu tidak akan kalian temui di dropshipaja, di sana CS nya juara banget deh.

Masalah CS ini sangat penting untuk bisnis dropship, semua pertanyaan dari calon pembeli yang tidak bisa kalian jawab tentu harus ditanyakan kepada CS, kalau CS nya aja lama jawab dan sekali jawab tidak jelas, ini tentu akan mengganggu kelancaran komunikasi kalian dengan calon pembeli. Bisa jadi calon pembeli mengurungkan niat untuk membeli atau bisa juga beralih ke toko lainnya.

Tersedia Kesempatan Untuk Selalu Belajar

Yang saya rasakan ketika saya menjadi member di dropshipaja adalah terbukanya kesempatan untuk terus berkembang, kesempatan ini tersedia dengan disediakannya media untuk belajar. Tidak hanya sebatas panduan dalam menggunakan dropshipaja sebagai supplier, tapi ada banyak media lain yang bisa kita manfaatkan untuk belajar, mulai dari materi yang sering dikirimkan lewat email sampai group FB yang bisa digunakan untuk sharing ilmu.

Menurut saya, dropshipaja sangat memperhatikan perkembangan membernya, tidak seperti supplier dropship lain yang acuh tak acuh kepada dropshippernya.

Nah, selain materi dari dropshipaja yang sifatnya gratisan tersebut, ada materi yang lebih powerful yaitu kelas mentoring. Tapi ini berbayar ya, enggak gratis. Atau jika kalian bener-bener masih awam dengan dunia perdropshipan, kalian bisa memperoleh buku Dropship Mastery hanya dengan mengganti biaya pengirimannya saja, buku tersebut bagus untuk pemula.

Baca: Review buku Dropship Mastery karya Rico Huang dan Seno Aji Airlangga.

Kekurangan Dropshipaja.com

Mau Jadi Member Enggak Gratis

Ini mungkin kelemahan dan kekurangan terbesar dari dropshipaja, yaitu untuk menjadi member harus membayar. Saya dulu juga membayar, walaupun cuman Rp. 150.000 (dulu, sekarang gak tahu berapa) tapi tetep aja terasa berat. Gimana tidak, hanya mau cari supplier kok harus bayar dulu. Alasan dari pihak dropshipaja sih untuk menyaring mana member yang serius dan mana yang tidak, tapi menurut saya sendiri alasan seperti itu kurang bijak.
Advertisement

Kalau hanya untuk menyaring member yang serius, saran saya kepada pihak dropshipaja agar tidak langsung diwajibkan membayar, bisa disediakan trial terlebih dahulu misalnya trial 1 minggu. Dengan begitu, dropshipper yang merasa tidak cocok dengan sistemnya tidak dirugikan.

Harga Barang Relatif Mahal

Di atas saya sebutkan kalau kualitas barang custom dari dropshipaja sangat berkualitas, tapi kelebihan tersebut nampaknya menjadi pedang bermata dua dimana menyebabkan harga yang relatif mahal. Misalnya saja untuk mengcustom Case HP harganya sekitar Rp. 45.000 (ada yang lebih mahal juga), semisal kalian pengen mengambil untung Rp. 15.000 berarti kalian harus menjualnya dengan harga Rp. 60.000, belum lagi kalau tidak ada promo free ongkir totalnya bisa mencapai Rp. 90.000 tergantung lokasi calon pembeli.

Sekarang kita bandingkan dengan harga Case untuk HP yang sejenis di marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Blibli atau toko lainnya, silahkan kalian cek sendiri dan pasti akan menemukan harga yang jauh lebih murah. Pertanyaannya, mampukah kalian menghadapi differensiasi harga ini?

Terlalu Banyak Pesan Email

Jujur, dropshipaja selalu mengirimkan email berisi info update atau info materi yang akan menambah ilmu kita, tapi cara mereka yang menurut saya kurang bijaksana. Apa yang mereka lakukan adalah mengirim pesan email dengan sangat banyak, bagus kalau isinya beda-beda tapi pada kenyataannya justru isinya ada banyak yang sama.

Saran saja sih kepada pihak dropshipaja agar secara bijak dalam mengirim email, entah itu email materi pembelajaran atau email penawaran. Dan review kembali tools yang digunakan untuk mengirim pesan email, karena acap kali double kirim, itu sangat menyebalkan.

Member Sudah Sangat Banyak

Memang saya akui dropshipaja merupakan supplier dropship barang custom yang sangat patut dipertimbangkan, dan ini dibuktikan dengan banyaknya member yang tergabung. Tapi banyaknya member tersebut juga akan berdampak pada tingkat persaingan, dan benar saja silahkan kalian cermati sendiri sudah berapa banyak toko online yang menyediakan barang custom.

Memang, tidak semuanya merupakan member dropshipaja, tapi kalau saya menilai sebagai sesama member saya bisa tahu mana yang member dropshipaja dan mana yang bukan. Dan ini akan lebih parah kalau kalian kalah kreatif dengan member lain, kalau kalian hanya mengandalkan design yang disediakan dropshipaja pasti akan kesulitan berkembang karena member lain pasti juga menjualnya.

Selanjutnya: Cara agar bisnis dropship laris manis dan cepat berkembang.
----
Oke ya teman-teman semuanya, itulah ulasan tentang kelebihan dan kekurangan dropshipaja.com sebagai supplier dropship barang custom di Indonesia. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan memberikan referensi dalam mencari supplier dropship terbaik. Jangan lupa untuk share artikel ini juga ya, thanks dan salam sukses.
Advertisement
.

6 comments:

  1. mkasih info nya om. Saya jadi ada referensi untuk bergabung dengan dropshipaja

    ReplyDelete
  2. kalau sudah daftar , apakah jadi reseller selamanya atau terbatas waktu mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau ku selamanya, sorry lama gak ngikuti kebijakan dropshipaja yang terbaru.

      Delete
  3. Terima kasih ulasan nya mas, kebetulan memang lagi pertimbangan buat gabung nih...oh iya kok itu di halaman penawaran nya biaya pertahun yaa

    ReplyDelete
  4. Sistem pembayarannya seperti apa ? Apakah pembeli barang kita mentransfer uang lansung ke supplier lalu diberikan komisi kepada Kita atau lansung ke Kita sebagai penjual dg mangambil margin keuntungan

    ReplyDelete

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.