HOT Banget

Monday 13 May 2019

Tips Lolos Tes Kompetensi Dasar (TKD) CPNS

Advertisement
.

Tips Lolos Tes Kompetensi Dasar (TKD) CPNS

– Siapa yang tertarik jadi PNS, kerjaan enak dan gaji gede? Pasti ada banyak banget yang tertarik, saya dulu juga tertarik banget. Tapi ternyata, mau jadi PNS itu sulit-sulit gampang. Menurut saya pribadi, untuk lolos ujian CPNS tidak cukup hanya mengandalkan kecerdasan saja.

Khususnya di Tes Kompetensi Dasar atau sering disingkat TKD, dalam ujian ini faktor keberuntungan dan penggunaan trik dan tips tertentu lebih dominan ketimbang kecerdasan. Jadi saran saya, selain belajar secara akademisi, kalian juga patut berusaha secara religi dan banyak-banyak mencari referensi tips dan trik lolos TKD CPNS.

Nah, untuk trik dan tipsnya, kali ini saya akan berbagi kepada kalian sesuai pengalaman saya mengikuti Tes Kompetensi Dasar CPNS. Selain dari pengalaman saya, saya juga mengambil dari beberapa sumber yang pernah saya dapatkan sebelumnya. Berikut trik dan tips lolos Tes Kompetensi Dasar CPNS:

Sebelumnya, baca juga: Ada yang salah dengan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) CPNS!

Tips Lolos Tes Kompetensi Dasar (TKD) CPNS

Bijak Memilih Formasi

Ketika pendaftaran CPNS dibuka, tiap tahun akan ada ribuan formasi yang bisa kalian pilih dari berbagai lembaga dan kementerian. Karena banyaknya pilihan formasi inilah, banyak pendaftar kebingungan dan akhirnya kurang mantap dalam memilih formasi. Memangnya gimana biar mantap? Tidak ada pilihan lain selain cek per-formasi yang ada, ini bisa membantu kalian memantapkan pilihan formasi.

Ribet dong, makan banyak waktu dong? Memang iya, oleh karena itu saya sarankan untuk memilih formasi begitu pendaftarannya dibuka. Saran saya, jangan memilih lembaga atau kementerian yang hanya menyediakan 1 formasi untuk jabatan tertentu, misalnya Penata Keuangan yang hanya 1 formasi. Kenapa sebaiknya tidak kalian pilih? Karena sangat rawan, ketika TKD yang bisa lolos hanya ada 3 saja, kalau yang daftar 100 aja itu sudah berat.

Daripada memilih yang hanya menyediakan 1 formasi saja, lebih baik memilih yang formasinya ada banyak, minimal yang formasinya ada 50 ke atas lah. Ada banyak kok lembaga dan kementerian yang menyediakan formasi dengan banyak, tahun 2018 kemarin aja ada yang menyediakan lebih dari 300 formasi dalam 1 jabatan.

Dengan memilah-milah formasi sedari awal, selain kalian bisa menentukan formasi dengan mantap. Kalian juga tidak akan ketinggalan formasi yang sangat baik. Maksudnya gini, kadang suatu lembaga atau kementerian itu menutup pendaftaran formasinya sebelum batas akhir pemilihan formasi yang ditentukan oleh BKN.

Ketika saya dulu memilih formasi, saya bener-bener nyesel tidak sedari awal melakukannya, karena saya baru menyadari di akhir kalau ada lembaga yang sepi pendaftar walau formasinya banyak, sekitar 30an dan yang daftar hanya sekitar 30an juga (maaf saya sedikit lupa detailnya). Kenapa sepi sekali padahal persyaratannya mudah banget? Karena lembaga tersebut menutup pendaftarannya sebelum batas akhir yang ditentukan BKN, bahkan menutup di pertengahan waktu.
Advertisement

Persiapkan Segalanya Mulai Dari Sekarang

Jangan baru mulai mempersiapkan ketika pengumuman pendaftaran CPNS dibuka, tapi mulai persiapkanlah segalanya ketika kalian sudah mendengar isu kalau akan dibuka pendaftaran CPNS, walau itu masih jauh. Kenapa? Karena kalian bisa mempersiapkan dengan tenang dan tidak tergesa-gesa, itu bisa membuat persiapan kalian lebih baik.

Ingat, TKD itu materinya sangat luas, terdiri dari wawasan kebangsaan, intelegensi, dan karakteristik kepribadian. Dari satu materi saja yaitu wawasan kebangsaan, akan ada submateri yang amat luas, mulai dari Pancasila, UUD, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. Pengalaman saya yang hanya mempersiapkan selama beberapa minggu, rasa-rasanya sangat tidak cukup dan membuat gugup serta tidak PD.

Belum lagi, jika kalian saat mau mengikuti Tes Kompetensi Dasar sudah bekerja, saya jamin deh kalau kalian mempersiapkannya mepet maka hasilnya tidak akan maksimal, setidaknya kalian pasti akan kerepotan.

Selalu Up to Date

Apa yang diupdate? Yang diupdate adalah informasi, semua informasi berkaitan dengan proses seleksi yang akan dilakukan, misalnya ketika tes wajib bawa pita hitam atau yang lainnya. Ini penting, saya tidak mau kalian gagal sebelum berperang, karena kalau kalian tidak tahu informasi dan tidak membawa apa yang diminta bisa jadi tidak diperbolehkan mengikuti ujian.

Tiap tempat tes dan lembaga/kementerian bisa berbeda-beda, jadi jangan mengandalkan orang lain yang beda tempat dan lembaga/kementeriannya. Update sendiri informasi di situs resmi dimana kalian mendaftar formasi, atau bisa juga selalu pantau media sosialnya.

Artikel lain: Mau jadi PNS, Pegawai BUMN, atau Pegawai swasta?

Pastikan Kondisi Tubuh Fit

Dalam ujian CPNS, kalian bisa dapat jadwal kapanpun. Dan kapanpun jadwal yang kalian dapat, kalian wajib siap dan pastikan kondisi tubuh fit serta tidak ada gangguan apapun. Misalkan kalian dapat jadwal jam 1 siang, mungkin ujiannya akan mulai jam 2 siang. Saya dulu tidak berpengalaman dan mengalami banyak kendala, kendala tersebut sebenarnya sedehana namun ternyata sangat mengganggu konsentrasi.

Saya paling tidak bisa konsentrasi kalau ada gangguan, dan saat ujian saya salah dalam perhitungan waktu, ternyata ada banyak waktu untuk menunggu dan kebetulan saya tidak membawa minum, jadi ketika ujian itu saya sangat haus. Karena haus itulah saya sedikit kesulitan berkonsentrasi dan menyelesaikan soal.
Advertisement

Jadi saran saya, kenali dulu tubuh kalian dan jangan diabaikan. Kalau kalian sulit konsentrasi kalau haus, pastikan membawa minum. Selain itu, sebelum ujian kalian juga akan diberi kesempatan untuk ke kamar mandi, pastikan kalian gunakan kesempatan itu walau tidak terlalu kebelet, buat jaga-jaga kalau kebelet ketika ujian dimulai.

Dan juga, kalau kalian tipe yang mudah lelah, sebaiknya jangan mempelajari materi lagi ketika ujian mau dimulai, biar pikiran dan otak istirahat sejenak. Akan lebih baik kalau kalian sudah siap ketika malam harinya.

Bijak Dengan Isu Yang Beredar

Ketika pendaftaran CPNS dimulai, biasanya akan ada isu-isu yang beredar. Tidak melulu isu penipuan seperti jasa joki ujian, tapi bisa isu berupa cara pengerjaan soal. Misalnya soal Tes Karakteristik Kepribadian (TKP), isunya sih kebanyakan jawaban yang benar adalah jawaban yang kalimatnya panjang. Selain itu di tahun 2018 lalu ada isu bahwa kebanyakan jawaban TKD yang benar adalah pilihan C.

Kalau kalian cari tips dan trik di internet, kalian juga akan menemukan alternatif cara menjawab soal denga mudah, ada yang secara ilmiah dan ada pula trik dan tips berdasarkan anggapan atau kepercayaan sebagian orang. Pertanyaannya, haruskah kita percaya dengan info seperti itu?

Kalau menurut saya, jika isu tersebut ada dasarnya yang kuat misalnya cara alternatif mengerjakan perhitungan, saya akan menggunakan cara itu. Tapi jika isunya berdasar anggapan atau semacam info yang simpang siur, saya akan memfilter darimana isu itu berasal, apakah sumber terpercaya? Jikapun itu sumber terpercaya, saya hanya akan menggunakannya ketika terpaksa, misalnya waktu ujian hampir habis.

Belajar Dari Buku dan Video Terbaru

Apapun di internet bisa ditemukan, dan kalian juga dengan mudah bisa mencari contoh soal atau latihan Tes Kompetensi Dasar CPNS. Tapi saran saya, utamakan postingan yang terbaru, kenapa? Karena soal TKD itu selalu diupdate disesuaikan dengan perkembangan terkini, jadi contoh soal yang diposting lebih baru kemungkinan akan lebih relevan ketimbang yang sudah lama diposting. Saran saya juga, carilah video di Youtube, ada banyak video terkait TKD yang akan membantu kalian.

Begitu juga jika kalian belajar dari buku, utamakan membeli buku keluaran terbaru. Tapi sesuai dengan pengalaman, saya belajar dari buku tapi justru tidak ada yang keluar kecuali Tes Intelegensi Umum, itupun hanya sedikit. Sampai saat ini saya belum bisa merekomendasikan buku mana yang terbaik kepada kalian, karena saya sendiri baru sekali membeli buku CPNS dan itupun kurang membantu.

Jangan Gugup, Kuatkan Mental!

Seseorang jika gugup, sesuatu yang mudahpun bisa dilakukan dengan salah. Saya tidak mau kalian mengalami hal seperti ini, jadi siapkan mental dengan matang! Dengan melakukan tips-tips di atas dan belajar secara giat serta berdoa dengan ikhlas, apa lagi yang perlu ditakutkan? Lakukan saja dengan keyakinan yang mantap, dan pasrahkan semua kepadaNya.

Jikapun kalian gagal (semoga tidak), masih ada banyak kesempatan lain. Lagian, pekerjaan yang memiliki masa depan cerah tidak hanya sebagai PNS. Jadi, tetap kontrol diri kalian, tenang, tetap berusaha dan mau mencoba, serta berdoa kepada Allah.

Selanjutnya: Cara cepat dapat kerja setelah lulus kuliah, cumlaude tidak penting!
----
Oke ya teman-teman, itulah tips lolos Tes Kompetensi Dasar CPNS. Semoga tips di atas bermanfaat dan membantu kalian ketika menghadapi ujian CPNS nantinya. Jangan lupa untuk share artikel ini juga ya, thanks dan salam sukses.
Advertisement
.

No comments:

Post a Comment

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.