HOT Banget

Saturday 21 September 2019

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Unit Link Yang Perlu Diketahui

Advertisement
.
Kelebihan dan kekurangan asuransi unit link wajib kita ketahui dan dipahami dengan baik sebelum memutuskan untuk membeli polisnya.

Dengan memahami risiko dan manfaat asuransi unit link, kalian akan terhindar dari kerugian karena ketidaksesuaian.

Seperti yang kalian tahu, asuransi unit link merupakan asuransi sekaligus investasi dalam satu produk. Karena adanya unsur investasi inilah, kalian perlu memahaminya dengan seksama.

Investasi tentu akan menawarkan keuntungan, namun juga tidak boleh melupakan risiko yang melekat. Apapun jenis investasi, pasti akan risikonya.

Selain itu, asuransi unit link tentu ada beberapa biaya yang akan berbeda dengan asuransi lain. Nah, penasaran apa saja kelebihan dan kekurangan asuransi unit link? Simak ulasannya berikut ini:

Sebelumnya, baca juga:
- Pengertian dan jenis-jenis Asuransi Unit Link.
- 8 Perusahaan asuransi syariah terbaik di Indonesia.
Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Unit Link Yang Perlu Diketahui

A. Kelebihan Asuransi Unit Link

Ada beberapa kelebihan asuransi unit link yang cukup menggoda para nasabah, karena kelebihan itu pula asuransi unit link menjadi salah satu jenis asuransi yang populer.

Nah, berikut ini kelebihan asuransi unit link yang perlu kamu perhatikan:

1. Mendapat 2 Manfaat Sekaligus

Seperti yang kamu tahu, asuransi unit link mampu memberikan 2 manfaat dalam 1 produk, yaitu manfaat proteksi dan manfaat investasi.

Bagi beberapa orang yang memiliki pertimbangan cukup komplek, antara melindungi diri dan memanfaatkan uang dengan baik, mungkin asuransi unit link menjadi solusi terbaik.

Sedangkan jika harus memisah antara proteksi dan investasi, ini akan menimbulkan tambahan biaya dan memakan waktu lebih banyak.

2. Premi Asuransi Unit Link Tidak Akan Hangus

Keunggulan asuransi unit link yang tidak kalah menggiurkan adalah premi dari asuransi yang telah dibayarkan tidak akan hangus.

Ini lebih baik daripada asuransi jiwa biasanya, jika asuransi jiwa biasa pasti akan menghanguskan premi jika risiko yang ditanggung tidak terjadi hingga masa proteksi berakhir.

Sedangkan asuransi unit link tidak demikian, kalian bisa mengklaim bahkan jika risiko tertanggung tidak terjadi. Plus, kalian dapat menikmati hasil investasinya jika mampu memberikan keuntungan.
Advertisement

3. Jangka Waktu Pertanggungan Yang Lebih Panjang

Yang tidak kalah, masa pertanggungan pada asuransi unit link cukup lama, lebih lama dari rata-rata asuransi jiwa biasa.

Dengan asuransi unit link, kamu bisa mendapatkan proteksi selama 100 tahun. Walaupun tiap perusahaan kebijakannya bisa berbeda-beda.

4. Investasi Jadi Mudah

Berapa duit yang perlu kamu siapkan jika ingin investasi? Beberapa ada yang terkenal murah, seperti reksadana yang minimal modalnya cuman Rp. 100 ribu.

Baca juga: Tabungan emas Pegadaian, investasi mulai Rp. 6.000.

Tapi, berinvestasi dengan asuransi unit link akan lebih murah lagi lho. Selain itu, tidak perlu kuatir jika kamu buta akan dunia investasi, karena perusahaan asuransi akan memilihkan investasi terbaik.

Dengan begitu kamu hanya perlu mengamati dan mengawasi saja perkembangan investasi tersebut. Tapi bagaimana jika investasi tidak sesuai harapanmu?

Jika demikian kondisinya, kamu juga diberikan kemudahan untuk memindahkan atau mengalihkan dana investasi ke jenis investasi lain, selama jenis investasi tersebut disediakan oleh perusahaan asuransi.

5. Tersedia Banyak Asuransi Tambahan

Seperti halnya rata-rata jenis asuransi lain, pada asuransi unit link juga tersedia pilihan jika kamu ingin mendapat manfaat lainnya.

Jadi selain 2 manfaat di atas, kamu juga bisa menambahkan manfaat lain sesuai keinginan. Misalkan, kamu khawatir dengan kesehatan atau kecelakaan, maka bisa menambahkan manfaat ini.

Tiap perusahaan asuransi mungkin menawarkan tambahan manfaat yang berbeda-beda dan beragam, jadi pastikan memilih yang tepat jika kamu memang membutuhkan tambahan proteksi.

Tapi sebelum kamu menambahkan manfaat pada asuransi unit link, perhatikan pula tambahan premi yang perlu dibayar, karena tiap penambahan manfaat selalu diikuti naiknya premi.

6. Adanya Fasilitas Cuti Premi

Terakhir, kelebihan asuransi unit link adalah adanya fitur atau fasilitas cuti premi. Ini merupakan fasilitas untuk sementara berhenti membayar premi selama waktu tertentu.

Fasilitas ini tentunya akan menguntungkan, terutama jika terjadi sesuatu yang tidak terduga dan membutuhkan banyak dana.

Atau karena kesibukan dan memungkinkan kamu untuk tidak bisa membayar tagihan premi. Kamu bisa menggunakan fasilitas ini sebagai solusinya.

Walaupun kamu cuti premi, ini tidak melepaskan hak yang kamu miliki. Artinya, kamu tetap dapat informasi terbaru terkait asuransi dan manfaat lainnya.

B. Kekurangan Asuransi Unit Link

Selain kelebihannya di atas, yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah kekurangan asuransi unit link.

Mengetahui kelemahan asuransi unit link dapat mengontrol harapan tinggi yang kamu miliki, dan juga memperbanyak pertimbangan.

Nah, apa sajakah kerugian asuransi unit link yang bisa kamu terima? Berikut ini beberapa diantaranya:

1. Premi Asuransi Yang Tinggi

Kekurangan asuransi unit link yang paling nyata dan terlihat jelas adalah besarnya premi yang harus dibayarkan.

Kalau dibandingkan dengan asuransi jiwa biasa, premi asuransi unit link jauh lebih besar. Ini wajar karena dalam asuransi ini terkandung manfaat investasi.

Walaupun sebenarnya premi yang lebih besar tersebut tidak dikeluarkan sia-sia. Ya, karena investasi tentu memiliki potensi keuntungan.

Selain itu, walau dikatakan besaran premi yang perlu dibayarkan selalu tetap, namun tidak untuk biaya asuransi.

Biasanya biaya asuransi akan selalu naik tiap tahun, jadi ini perlu juga kalian pertimbangkan. Pastikan kenaikan biaya asuransi ini tidak mengganggu keuangan kamu.
Advertisement

2. Nilai Tanggungan Relatif Kecil

Tidak cuman premi yang tinggi, kamu juga akan dipusingkan dengan kenyataan bahwa nilai perlindungan atau pertanggungan pada asuransi unit link cukup kecil.

Jika kita bandingkan dengan asuransi jiwa biasa, asuransi unit link jauh lebih kecil. Ini tidak sebanding dengan besarnya premi yang wajib dibayar.

Ini perlu kamu sadari, karena adanya manfaat investasi maka keadaan ini bisa terjadi, premi besar namun perlindungan kecil.

3. Hasil Investasi Kurang Maksimal

Celakanya, kekurangan asuransi unit link disempurnakan dengan hasil investasi yang kurang maksimal. Perlu kamu pahami, sebenarnya asuransi unit link fokus utamanya tetap pada proteksi.

Jika kamu sendiri fokus pada investasi, asuransi unit link benar-benar tidak disarankan karena manfaat investasi hanya sebuah manfaat tambahan.

Ini artinya, jikapun ada keuntungan dari investasi, itu tidak semaksimal investasi murni. Jadi pilihlah investasi murni jika tujuan utama kalian ingin berinvestasi.

Selain itu, semua investasi juga tidak ada jaminan keuntungan, selalu ada risiko kerugian. Begitu juga investasi pada asuransi unit link

C. Pertimbangan Memilih Asuransi Unit Link

Setelah tahu dan memahami manfaat dan kerugian asuransi unit link di atas, apa keputusanmu? Masihkah berminat?

1. Apakah Memang Sesuai Tujuan?

Yang pertama yang perlu kamu tanyakan pada diri sendiri adalah apakah asuransi unit link benar-benar sesuai dengan tujuan kamu?

Jika kamu hanya ingin proteksi, kenapa harus unit link? Dan jika kamu ingin investasi saja, kenapa pula harus unit link?

Tapi jika kamu memang menginginkan keduanya tanpa ribet urus ini itu, asuransi unit link sangat tepat dipilih.

2. Sudahkah merencanakan Keuangan Kedepannya?

Tidak lupa, apakah kamu sudah mempertimbangkan kemampuan keuangan kalian. Sebaiknya kamu merencanakannya agar di masa depan kamu tidak kesulitan membayar premi.

Walaupun tersedia fasilitas cuti premi, tapi tidak menutup kemungkinan kamu akan masih kesulitan keuangan di masa mendatang.

D. Asuransi Unit Link Syariah

Namun jika kamu sudah bulat ingin mengambil asuransi unit link, saran saya terakhir adalah gunakanlah asuransi unit link berbasis syariah.

Dengan asuransi unit link syariah, manfaat proteksinya akan dikelola dengan cara yang sesuai syariat Islam. Sedangkan investasinya juga demikian.

Jika kamu beragama Islam, ini akan cocok banget. Selain dapat manfaat dari unit link, juga hati akan tenang dan tidak berasa ada beban.

Selanjutnya:
- Istilah penting dalam asuransi yang wajib diketahui.
- 6 asuransi kesehatan terbaik di Indonesia.
- Tips supaya klaim asuransi diterima dan cepat cair.
-----
Oke ya gaes, itulah ulasan tentang kelebihan dan kekurangan asuransi unit link yang perlu kamu ketahui. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan membantu kalian membuat keputusan terbaik. Jangan lupa untuk share artikel ini juga ya, thanks dan salam sukses.
Advertisement
.

No comments:

Post a Comment

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.