Pengertian dan Manfaat Asuransi Pendidikan

Advertisement
Pengertian dan Manfaat Asuransi Pendidikan – Di jaman serba modern seperti saat ini, segala hal menjadi terasa sangat penting, rasanya ingin sekali memenuhi segala kebutuhan yang kita perlukan. Tapi sayang, kemampuan lah yang membatasi kita untuk memenuhi kebutuhan tersebut, alhasil harus pintar-pintar mengelola kemampuan untuk menggapai yang kita inginkan.

Berkaitan dengan kebutuhan, ada suatu kebutuhan yang tidak bisa kita hilangkan, seperti kebutuhan makan, pakaian, kesehatan, pendidikan dan lain sebagainya. Kebutuhan-kebutuhan macam ini merupakan kebutuhan pokok bagi kita, sehingga kita harus memenuhinya dan tidak bisa dihilangkan. Tapi nyatanya, tidak semudah itu untuk memenuhi kebutuhan pokok tersebut karena kita tidak pernah tahu apakah kita dapat memenuhi kebutuhan pokok di masa yang akan datang atau tidak, sehingga disini kita membutuhkan jaminan bahwa kebutuhan pokok dapat terpenuhi.

Untuk menjamin bahwa kebutuhan pokok kita dimasa sekarang dan dimasa depan dapat terpenuhi, salah satu solusi yang dapat dicoba adalah dengan memanfaatkan asuransi. Asuransi dapat membantu kita dalam mengelola keuangan dan juga dapat menghilangkan kekhawatiran yang selama ini membebani anda. Ada banyak kebutuhan yang dapat anda asuransikan, salah satunya adalah kebutuhan pendidikan, ini termasuk juga pendidikan untuk anak, untuk saudara, atau untuk orang lain yang anda sayangi. Dengan asuransi pendidikan, maka setidaknya pendidikan anak dan keluarga dapat terjamin.

Tapi sebelum anda membeli produk asuransi pendidikan, sudah tahukah anda apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan asuransi pendidikan? Dan apa sajakah manfaatnya? Nah, berkaitan dengan hal ini, ulasan tentang pengertian asuransi pendidikan dan manfaat asuransi pendidikan berikut ini mungkin dapat membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, simak ulasan berikut ini.

Jangan lewatkan: Cara kerja asuransi.

Pengertian dan Manfaat Asuransi Pendidikan
Pengertian Asuransi Pendidikan
Pada dasarnya yang dimaksud dengan asuransi pendidikan adalah jenis asuransi yang memberikan perlindungan terhadap pendidikan anak. Dengan asuransi pendidikan, maka kita dapat memberikan perlindungan akan biaya pendidikan yang nantinya harus anda keluarkan. Seperti yang anda ketahui, saat ini harga apapun sangat mahal, hal ini juga berlaku dalam dunia pendidikan dimana biaya yang dibutuhkan juga sangat mahal, sedangkan kita tidak tahu apakah kemampuan ekonomi kita dapat memastikan bahwa anak mendapatkan pendidikan cukup yang layak.

Sebagai orang tua yang baik, sudah sewajarnya kita memberikan perhatian khusus terhadap apa yang dapat kita berikan kepada anak, apalagi masalah pendidikan yang pada dasarnya merupakan akar dari sebuah kesuksesan. Dengan asuransi pendidikan, ini tidak hanya menjamin ketika anda mengalami kesulitan keuangan saja, asuransi pendidikan juga menjamin ketika anda meninggal atau lumpuh sehingga menyebabkan anda tidak bisa mencari nafkah, alhasil anak yang anda tinggalkan tetap mendapatkan pertanggungan dana pendidikan.

Manfaat Asuransi Pendidikan
Terdapat tiga manfaat utama dari asuransi pendidikan yang akan anda dapatkan nantinya, yaitu manfaat investasi , perlindungan, dan juga fungsi keberlanjutan.

Manfaat investasi, ketika anda membayar premi kepada perusahaan asuransi, maka sebagian premi yang anda bayarkan tersebut akan dikelola dan di investasikan oleh perusahaan asuransi, dan premi tersebut dapat di investasikan di beberapa instrument investasi, misalkan di investasikan di reksadana saham. Kemudian anda akan menerima sejumlah dana dari perusahaan asuransi untuk membiayai kebutuhan pendidikan anak yang jumlahnya sesuai dengan kesepakatan dalam polis asuransi.
Advertisement


Manfaat perlindungan, seperti yang sudah saya singgung sebelumnya bahwa asuransi tidak hanya melindungi ketika anda mengalami kesulitan keuangan saja, bahkan ketika anda meninggal maka pendidikan anak masih akan terjamin, sehingga anda tidak perlu kuatir dengan pendidikan anak yang anda tinggalkan tersebut.

Fungsi keberlanjutan, ketika anda masih hidup/belum meninggal dan tidak mengalami cacat total tetap dalam masa, selain saldo dana investasi tersebut bisa digunakan untuk memenuhi biaya kebutuhan pendidikan anak hingga selesai pendidikannya, bisa juga dilanjutkan untuk dana pensiun, wisata, dan bahkan untuk warisan.

Baca juga: Manfaat asuransi secara umum.

Asuransi Pendidikan VS Tabungan Pendidikan
Sering saya melihat masyarakat yang belum bisa membedakan antara asuransi pendidikan dengan tabungan pendidikan, bahkan mungkin mereka berpikir bahwa itu sama saja. Kedua produk ini memang terlihat sangat mirip sekali, namun sebenarnya antara kedua produk tersebut memiliki perbedaan yang cukup mencolok, dan ini perlu anda perhatikan karena jika anda salah membeli diantara produk ini, bisa jadi tujuan anda tidak akan tercapai, bahkan anda bisa mengalami kerugian. Lalu apa saja sih perbedaannya? Ada beberapa hal yang membedakan antara asuransi pendidikan dengan tabungan pendidikan, diantaranya adalah sebagai berikut:

Pemilik produk, perlu anda ketahui bahwa tabungan pendidikan merupakan produk yang dikeluarkan oleh bank sehingga disini terdapat jaminan dari LPS jika bank mengalami kesulitan keuangan, sedangkan asuransi pendidikan adalah produk yang dikeluarkan oleh perusahaan asuransi, jadi tidak ada jaminan dari LPS. Jika anda berada di bank, mungkin anda juga akan melihat 2 petugas yang masing-masing melayani tabungan pendidikan dan juga yang melayani asuransi pendidikan, ini bukan berarti bank memiliki produk asuransi pendidikan, melainkan bank hanya berperan sebagai agen penjual saja. Dan juga, petugas yang melayani asuransi pendidikan di bank tersebut sebenarnya juga bukan pegawai bank kok, namun pegawai dari perusahaan asuransi yang bertugas di bank tersebut.

Tingkat keuntungan, tabungan pendidikan yang merupakan produk dari bank tentu saja menggunakan system bunga, dan jika bank sudah menentukan tingkat bunga maka keuntungan yang akan di dapatkan oleh nasabah sudah dapat dilihat. Jadi, ketika bank sudah menentukan tingkat bunga, maka keuntungannya sudah “pasti” dengan jumlah yang sesuai dengan tingkat bunga tersebut. Berbeda dengan asuransi pendidikan, karena dalam asuransi pendidikan dikelola dengan investasi. Tingkat keuntungan investasi ini bisa dipengaruhi oleh banyak hal, sehingga nilai dari investasi tersebut akan mengalami naik turun, dalam artian keuntungannya tidak pasti. Selain itu, keuntungan yang di dapat bisa jauh lebih tinggi dari tabungan pendidikan, namun risikonya juga jauh lebih besar.

Nilai perlindungan, dalam tabungan pendidikan biasanya anda tidak perlu membayar premi, alias gratis sehingga dana tanggungan yang dapat diberikan oleh bank sangat terbatas/kecil sekali, ini mungkin tidak akan maksimal untuk menjamin pendidikan buah hati anda. Tapi jika anda menggunakan produk asuransi pendidikan, jumlah pertanggungannya jauh lebih besar karena disini anda diwajibkan membayar premi.

Selanjutnya: Asuransi unit link.
----
Oke, mungkin hanya itu saja ulasan mengenai pengertian asuransi pendidikan dan manfaat asuransi pendidikan yang dapat saya berikan kepada anda. Semoga ulasan tentang pengertian dan manfaat asuransi pendidikan diatas dapat menambah dan meningkatkan pengetahuan serta wawasan anda semuanya. Thanks.
Advertisement
.
Previous
Next Post »

Sebelum Anda memberikan komentar dan tanggapan atas artikel di atas, baca dan pahami aturan tanggapan kami pada laman TOS. Setiap komentar yang tidak sesuai dengan aturan tanggapan tidak akan di publikasikan.
EmoticonEmoticon